Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips memilih Mesin Jahit Yang Berkualitas



CAHYOGYA.COM - Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer bagi seorang manusia. Maka dari itu, banyak yang memproduksi yang namanya pakaian mulai dari celana, baju, kemeja, gamis dan lain sebagainya. Karena memang hal tersebut didasarkan pada kebutuhan pasar yang membutuhkan banyak.

Mesin jahit

Sehingga banyak pabrik-pabrik seperti garmen atau konveksi bahkan penjahit yang bisa Anda temui. Tentunya untuk memperlancar proses produksi dalam pembuatan pakaian tersebut membutuhkan peralatan dan juga bahan. Salah satu peralatan penting yang harus dimiliki untuk menjahit adalah mesin jahit.

Mesin ini menjadi terpenting karena memang sebagai alat pokok untuk membuat pakaian dan yang lainnya untuk menjahit. Jika Anda melihat semakin majunya zaman dan semakin banyaknya yang membutuhkan mesin yang satu ini membuat mesin ini banyak diproduksi dengan berbagai jenis dan juga kualitas yang berbeda-beda.

Sehingga terkadang membuat pembeli merasa bingung terutama yang masih belum terlalu paham. Maka dari itu bagi Anda yang masih awam tentang mesin yang satu ini, berikut ini akan dijelaskan tips memilih mesin jahit yang sesuai untuk Anda.

1. Alasan Menjahit

Hal pertama ketika akan membeli mesin jahit adalah alasan Anda menjahit. Maksudnya disini adalah apa yang akan Anda lakukan dengan mesin jahit tersebut. Apa akan menjahit biasa, membordir, atau hanya untuk kerajinan. Karena dengan mengetahui hal tersebut maka Anda bisa memutuskan mesin yang seperti apa yang akan digunakan.

Karena setiap jahitan terkadang memiliki mesin yang berbeda. Seperti misalnya untuk jahit biasa mungkin menggunakan mesin jarum satu, tapi untuk merapikan bagian samping jahitan maka biasanya menggunakan mesin obras. Maka memang Anda harus menetapkan apa yang akan dijahit.

2. Mencari Informasi

Setelah Anda mengetahui alasan Anda menjahit maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari informasi terkait mesin jahit. Anda bisa mencarinya di internet yang bisa memberikan banyak informasi mengenai berbagai jenis mesin tersebut mulai dari spesifikasinya, mereknya dan juga harganya. Maka dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan mesin yang akan Anda beli. Selain internet, Anda juga bisa mencari informasi dengan bertanya kepada orang yang paham tentang mesin yang satu ini. Maka dengan begitu Anda bisa mendapatkan mesin yang sesuai dengan yang Anda bayangkan dan sesuai kebutuhan.

3. Budget

Jika Anda ingin membeli sebuah mesin jahit, hal yang perlu diperhatikan adalah budget yang Anda miliki. Anda sebaiknya beli mesin yang memang sesuai dengan anggaran yang Anda siapkan. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan mengalami kerugian karena pengeluaran yang membengkak.

Akan lebih baik jika dana yang Anda anggarkan tersebut sudah dipersiapkan sejak lama sehingga Anda bisa lebih siap dan bisa mendapatkan yang sesuai. Karena dengan begitu Anda tidak perlu meminjam sana-sini yang malah akan memperberat dan mempersulit Anda.

4. Pelayanan Purna yang Mudah

Selain budget ada juga yang harus Anda perhatikan dalam membeli sebuah mesin jahit. Sebaiknya pilih mesin yang memang spare partnya mudah jika dicari. Seumpama jika mesin Anda mengalami kerusakan jika masih bisa diperbaiki dan diganti spare partnya maka akan mudah.

Anggaran yang dikeluarkan juga akan lebih murah jika dibandingkan membeli mesin yang baru. Selain spare partnya yang mudah, service center-nya juga harus ada. Sehingga dengan begitu Anda tidak akan kebingungan ketika mesin yang digunakan rusak dan harus diperbaiki.

5. Jenis Mesin

Bagi Anda yang mau membeli mesin jahit terutama yang masih pemula maka sebaiknya lihat kebutuhan yang akan diperlukan. Sebaiknya bagi Anda yang masih pemula jangan memilih mesin yang rumit dalam pengoperasiannya. Pilihlah mesin yang mudah karena tahap pertama bagi pemula adalah bisa lancar dalam menjahit terlebih dahulu.

Namun bagi Anda yang sudah berpengalaman di bidang jahit menjahit maka bisa sesuaikan saja dengan kebutuhan yang akan diperlukan. Pastikan mesin tersebut memang benar-benar sesuai kebutuhan dan jangan tergiur dengan harga yang murah karena terkadang kualitas yang didapat juga rendah.

Setelah membahas membahas mengenai berbagai macam tips dalam membeli sebuah mesin jahit maka selanjutnya Anda bisa melihat beberapa macam jenis mesin jahit dengan berbagai merek yang bisa dipilih.

1. Singer

Merek yang satu ini merupakan merk mesin jahit yang sudah terkenal sejak dulu. Tidak dipungkiri memang merk ini sudah ada sejak perang dunia pertama hingga sekarang. Bisa dibayangkan sudah berapa lama perusahaan ini berdiri. Dengan pengalaman yang sudah banyak maka tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mesin yang diproduksi ini memiliki kualitas yang sudah diakui oleh seluruh dunia. Jadi tidak heran jika merk ini sudah banyak dikenal baik oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. Sehingga memang banyak yang menggunakan mesin dengan merek Singer ini.

2. Brother

Selain Singer ada juga merk yang bernama Brother. Merk ini dimiliki oleh negara sakura Jepang. Merk ini memang cukup terkenal dengan kualitas dari mesin jahitnya yang juga tidak kalah bagusnya dengan produk dari Singer. Perusahaan ini mengklaim bahwa pada tahun 2012 sudah memiliki perusahaan di Cina yang memproduksi mesin jahit/sewing.

Lalu ada juga di Taiwan yang merupakan perusahaan pembuat mesin obras. Selain itu, di Taiwan juga ada perusahaan baru untuk memproduksi mesin jahit. Mesin yang dihasilkan oleh merk ini memang cukup dikenal di Indonesia terbukti dengan banyaknya pengguna Brother terutama di perusahaan garmen atau konveksi.

3. Juki

Perusahaan Juki merupakan salah satu merk mesin jahit yang cukup terkenal. Walaupun kualitasnya di bawah kedua mesin yang di atas tetap cukup baik untuk digunakan. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan banyaknya produk mesin yang sudah dieksport ke luar negeri.

Juki ini juga termasuk mesin yang cukup banyak digunakan oleh para perusahaan garmen dan juga konveksi karena memang harganya yang lebih murah dengan kualitas yang cukup baik.

4. Butterfly

Seperti lambangnya yang kupu-kupu merek mesin jahit asal Cina ini memiliki nama Butterfly. Merek ini sudah ada sejak tahun 1919 sehingga tidak heran jika namanya sudah dikenal hingga seantero dunia termasuk Indonesia. Mesin jahit merek ini memang juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari penjahit biasa sampai dengan perusahaan besar seperti garmen dan konveksi. Merk ini memang memiliki kualitas yang cukup bagus dan bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, harganya juga relative lebih murah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Itulah beberapa merk mesin jahit yang bisa Anda pilih karena memang memiliki kualitas yang cukup bagus dengan harga yang masih wajah dan sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Mesin dengan merk tersebut sudah lulus uji coba dan sudah menembus pasar Eropa sehingga memang mesin jahit yang diproduksi benar-benar berkualitas dan nyaman digunakan.

Selain itu, Bagi Anda yang ingin membeli mesin jahit terutama yang masih awan aka nada baiknya membaca tips-tips membeli mesin jahit yang telah dijelaskan secara singkat di atas. Semoga ulasan ini akan bermanfaat bagi pembacanya dan juga menambah wawasan Anda.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja