Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bazaar Rakyat, Cara Sinar Mas Berbagi Kepada Masyarakat di Bulan Ramadan



CAHYOGYA.COM - Di bulan ramadan yang penuh berkah ini banyak cara untuk berbagi kepada sesama, baik dalam hal kecil yang dilakukan di sekitar tempat tinggal maupun dalam skala besar yang jangkauannya hingga ke pelosok negeri. Semangat berbagi dan membantu sesama ini rupanya juga tidak luput dari perhatian Sinar Mas, salah satu perusahaan terbesar di Indonesia tersebut tercatat menyelenggarakan beberapa kegiatan yang membantu masyarakat yang dikemas melalui program corporate social responsibility (CSR).

Sinar mas

Seperti yang kita ketahui, sejak didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja di Makassar, Sulawesi Selatan 80 tahun silam, Sinar Mas terus tumbuh menjadi perusahaan besar yang menaungi berbagai sektor industri. Beberapa diantaranya yaitu industri pulp dan Kertas, real estate, agribisnis dan makanan, telekomunikasi, jasa keuangan hingga sektor infrastruktur dan energi.

Satu diantara program corporate social responsibility (CSR) Sinar Mas tersebut menyasar ke sektor makanan yang dikemas dalam kegiatan Bazaar Rakyat 2018. Kegiatan yang digelar di berbagai kota ini meliputi penjualan minyak goreng murah yang dibanderol seharga Rp8.000/Liter saja, padahal dipasaran saat ini harga minyak goreng kemasan sudah menembus angka Rp13.000/Liter. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat dan membantu bagi masyarakat kecil.

Apalagi setiap menjelang bulan ramadan harga-harga kebutuhan pokok seperti beras, bumbu dapur, gula dan minyak goreng kerap kali naik berkali-kali lipat akibat melonjaknya konsumsi makanan. Dengan adanya program seperti Bazaar Rakyat ini sedikit banyak membantu meringankan beban finansial yang harus ditanggung oleh setiap rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, meski hanya sebatas minyak goreng.

Alasan inilah yang pada awalnya juga mendorong Sinar Mas untuk terus rutin menggelar Bazaar Rakyat setiap tahunnya. Selain sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menjamin pasokan bahan baku dipasaran, hal ini sekaligus bisa mengenalkan produk minyak goreng kualitas tinggi yang menjadi andalan perusahaan.

Sebagai informasi, melalui program yang sudah digelar sejak tahun 2005 ini Sinar Mas tercatat sudah mendistribusikan minyak goreng kemasan sebanyak lebih dari 30 juta liter ke berbagai daerah di Indonesia. Minyak goreng tersebut terdiri dari berbagai merek seperti Filma, Kunci Mas dan Mitra yang di distribusikan oleh PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (PT SMART) sebagai salah satu anak usaha Sinar Mas.

Dari segi kualitas, minyak goreng kemasan produksi Sinar Mas sendiri memiliki kualitas yang sangat baik. Untuk merek Filma misalnya, minyak goreng premium ini dibuat dari buah kelapa sawit berkualitas tinggi yang diproses melalui teknologi penyulingan canggih dan pengendalian mutu terbaik untuk menjamin kadar kejernihan serta kualitas yang dihasilkan. Sehingga minyak goreng ini nantinya bisa optimal saat digunakan untuk menggoreng, menumis atau bahkan membuat salad sekalipun.

Sinar mas donasi

Selain melalui acara Bazaar Rakyat, memasuki bulan puasa tahun ini Sinar Mas melalui Indah Kiat Pulp & Paper sebagai salah satu unit usaha APP Sinar Mas juga mewakafkan 4.000 mushaf Al Quran kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Tangerang Selatan dan nantinya baru akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Menariknya, dari ribuan mushaf Al Quran itu terdapat juga Al Quran dengan huruf Braile yang ditujukan bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

Tak tanggung-tanggung, kertas Al Quran yang didonasikan ini dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP). Jika dibandingkan dengan kertas biasa, produk kertas hasil olahan APP Indah Kiat Pulp & Paper ini jauh lebih halus dan tahan lama. Kualitas cetakannya bahkan diklaim bisa bertahan dalam waktu 100 tahun pada kondisi wajar.

Terlepas dari informasi diatas, program CSR yang sudah dilakukan oleh Sinar Mas tentu masih banyak lagi, rasanya tidak cukup untuk menuliskan semuanya melalui artikel ini. Semoga saja kedepannya Sinar Mas terus berbagi dan memperhatikan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Foto credit: Sinar Mas

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja