Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buka Puasa dengan Sajian Kuliner ala Festival Kampung Nusantara di Hotel Horaios Malioboro



CAHYOGYA.COM - Sudah berapa kali memenuhi undangan buka puasa sampai hari ini? Memasuki bulan ramadan agenda buka bersama alias buber memang menjadi kegiatan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Selain bisa mempererat tali silaturahmi, buka bersama juga terkadang menjadi ajang reuni teman lama yang bisa jadi hanya setahun sekali ketemu. Terakhir, pekan lalu Saya ikut menghadiri undangan buka puasa bersama teman-teman Komunitas Blogger Jogja di Hotel Horaios Malioboro. Ya, buber kali ini memang diadakan di Hotel bukan di restoran atau tempat makan seperti biasanya.


Hotel Horaios Malioboro sendiri terletak di seputaran jantung kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Gowongan Kidul Nomor 44, Sosromenduran, Yogyakarta. Bagi sebagian orang mungkin nama Horaios masih cukup asing ditelinga, hal ini cukup wajar sih mengingat hotel ini sebelumnya bernama @HOM Platinum Yogyakarta dan baru berganti nama belakangan ini.

Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan Malioboro dan Tugu Pal Putih membuat saya agak santai saat menuju kesini. Akses transportasinya sendiri sangat beragam, mulai dari taksi hingga ojek online bisa dengan mudah ditemui. Hanya saja, perlu diketahui untuk jalan di depan hotel ini merupakan jalan searah ke barat sehingga akan lebih mudah jika Anda masuk dari arah Tugu atau Jalan Mangkubumi.

Disamping tempatnya yang strategis dan mudah diakses, alasan lain memilih Hotel Horaios Malioboro sebagai lokasi buka bersama yaitu karena di hotel ini menyediakan sajian kuliner Festival Kampung Nusantara yang menyajikan berbagai menu dari pelosok negeri. Menurut pihak hotel, kuliner tersebut setiap hari disajikan di Malabar Resto dengan tema dari empat pulau besar di Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.



Menariknya masing-masing tema terdiri dari beragam menu khas, mulai dari hidangan pembuka, main course serta hidangan penutup. Tentu ini menjadi salah satu kelebihan yang jarang ditemukan di tempat lain, mana ada coba hotel yang menyediakan kuliner buka puasa sebanyak ini dalam satu hari, setau Saya biasanya pihak hotel menjadwalkan berbagai menu yang ada untuk digilir setiap harinya.


Perhatikan! banyak banget kan varian menunya.

Dari berbagai sajian diatas, yang cukup membuat saya penasaran adalah hidangan khas ala Kalimantan. Menu ini terdiri dari hidangan pembuka berupa Cencang Timun, Main Course yang terdiri dari Gangan Keladi, Manok Tunu (Ayam Panggang), Udang pare pedas, Empal jagong, Pisang Gapit dan Sambal Gami. Tak ketinggalan, ada juga Soto Banjar yang menjadi salah satu favorit saya berkat kuahnya yang segar dan tidak terlalu kental.


Sementara itu untuk hidangan penutup yang juga menjadi pilihan menu takjil terdiri dari Snack Barongkok, Kurma, Aneka Bubur Manis, Puding Jelly, Es Buah dan Kolak. Sudah kebayang kan gimana meriahnya buka puasa disini. Tapi tunggu dulu, untuk harganya sendiri gimana?

Nah, ini juga tidak kalah pentingnya mengingat ketebalan kantong setiap orang pasti berbeda-beda. Di Hotel Horaios Malioboro ini berbagai menu tersebut dibanderol hanya dengan Rp57 ribu saja per orang, cukup terjangkau kan? Apalagi sajian tersebut bersifat All You Can Eat dimana kita bisa makan sepuasnya.


Selain mencoba berbagai sajian kuliner ala Kalimantan, Saya juga sempat mencoba Pisang Epe' dan Es Pisang Ijo yang menjadi salah satu menu favorit disini, rasanya emang bikin nagih karena manisnya tidak terlalu berlebihan, Sayangnya, saya tidak sempat coba menu Tekwan yang juga menjadi favorit. Mungkin besok bisa balik lagi lah ya, karena sudah terlanjur kekenyangan.


Tempat ini sangat recomended untuk menjadi salah satu alternatif tempat buka puasa di Jogja. Restonya juga lumayan luas dan terdiri dari beberapa ruangan jika ingin lebih eksklusif. Ditambah lagi untuk sekarang ini Hotel Horaios juga sedang mengadakan promo BUY 10 FREE 1. Jadi sangat cocok kalau kesini rame-rame.




Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja