Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Daftar Motor Paling Irit di Indonesia



CAHYOGYA.COM - Sepeda motor adalah alat transportasi utama dan terpopuler masyarakat di Indonesia pada masa sekarang. Ada banyak faktor yang membuat sepeda motor menjadi Andalan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain bentuknya yang ramping, dan ergonomis dalam menghadapi kemacetan di kota-kota besar, sepeda motor juga dianggap sebagai alat transportasi yang sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Motor

Sebagai masyarakat pecinta alat transportasi ini sebagai tunggangan sehari-hari, tentu kita membutuhkan motor yang irit bahan bakar agar kita tidak terkena KanKer (Kantong Kering). Seperti yang kita lihat saat ini kebanyakan mesin masih menggunakan BBM sebagai bahan bakar utama sedangkan banyak angka penjualan motor di Indonesia setiap tahun semakin naik, itu artinya semakin banyak BBM yang dibutuhkan.

Semakin hari persediaan BBM semakin menipis, hal tersebut yang membuat harga BBM melambung tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut banyak pabrikan motor yang berlomba-lomba menciptakan motor dengan teknologi irit BBM. Bagi sebagian orang kenaikan BBM bukan menjadi masalah yang berarti tetapi bagi masyarakat menengah ke bawah pencabutan subsidi BBM adalah masalah besar karena membuat hidupnya semakin susah, dikarenakan harus menanggung anggaran pendidikan dan keperluan hidup lainnya. Semakin irit motor maka akan semakin banyak dicari. Selain mengurangi pengeluaran bahan bakar, penggunaaan kendaraan hemat BBM dapat mengurangi polusi udara.

Berikut adalah 5 daftar nama-nama motor paling irit di Indonesia:

Suzuki Nex II FI

Gelar motor paling irit patut dianugerahkan ke Suzuki Nex II FI generasi kedua dari Suzuki Nex FI. Motor matic mungil keluaran pabrikan Suzuki berhasil mengalahkan lawan-lawannya karena konsumsi bahan bakar yang sangat irit di kelas motor matic yang terkenal borosnya. Suzuki Nex II FI mampu menempuh jarak sejauh 109,9 Km per 1 liter mengalahkan generasi pertamanya yaitu Suzuki Nex yang mampu menempuh jarak 79,6 Km per 1 liternya.

Meskipun pabrikan Suzuki memiliki produksi motor yang tidak sebanyak pabrikan Jepang lainnya seperti pabrikan Honda dan Yamaha, tetapi tidak mengurangi kredibilitas Suzuki sebagai salah satu pabrikan motor besar. Suzuki mampu membuktikan semboyannya yang berbunyi “Inovasi Tiada Henti” sehingga didulat sebagai pesaing pabrikan Honda dengan kategori motor teririt. Dengan kapasitas mesin 115 CC dan mengadopsi teknologi Fuel Injection ini ternyata mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar seirit itu.

Yamaha Jupiter Z1

Selain Suzuki, Yamaha juga berpartisipasi membuat motor berkonsumsi bahan bakar irit. Kali ini Yamaha mengualarkan Yamaha Jupiter Z1 motor bebek 115cc ini mampu menempuh jarak sejauh 69,8 Km per 1 liter bahan bakar dengan didukung oleh teknologi YMJet FI yang dimilikinya sehingga menjadi generasi yang lebih irit dibandingkan generasi terdahulu yang masih menggunakan sistem karburator.

Honda Absolute Revo

Honda Absolute Revo FI memiliki konsumsi bahan bakar kurang lebih sebesar 62,22 Km per 1 liternya. Hal ini disebabkan karena selain kapasitas mesin yang kecil 110cc, dan menggunakan teknologi injeksi yang sama seperti yang digunakan pada saudaranya yaitu Supra X dengan teknologi PGM-FI. Dengan harga yang relatif murah, dan dengan konsumsi bahan bakar irit, serta memiliki bagasi seluas 7 liter maka wajar bila Honda Absolute Revo banyak sekali dipinang oleh perusahaan besar untuk menjadikannya sebagai kendaraan operasional bagi karyawan-karyawan mereka.

All New Honda Scoopy

Bentuk motor matic ini sangat unik, cantik dan memiliki fitur canggih seperti alarm, head lamp LED, Combi Brake System, Idling Stop System, charger untuk hp, dan bagasi bervolume 15,4 liter sehingga banyak sekali peminatnya. Skuter matic yang banyak digandrungi oleh kaum hawa ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan mempunyai bobot yang ringan sehingga asik diajak untuk bermanuver. Saat penegetesan Euro 3, motor ini bisa menempuh jarak 59,2 km perliternya, bahkan mampu mencapai 62km per liter bensin saat pengetesan menggunakan Euro 2. Motor cantik ini memiliki mesin 110cc berpendingin udaa dan dilengkapi dengan teknologi eSP yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9,1 PS pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 9,4 Nm pada 6000 rpm.

Honda Supra X 125 FI

Performa mesin lebih bertenaga dan efisien menjadi kelebihan Honda Supra X 125 FI. Motor paling irit ini dilengkapi sistem bahan bakar injeksi terbaik dengan mesin berteknologi PGM FI dengan mesin berkapasitas 125cc yang membuatnya memiliki konsumsi BBM 57 km/liter saat di test dengan pengujian Euro 3. Sedangkan untuk Euro 2 mencapai 62km/liter. Keiritan Honda Supra X 125 memang sudah terbukto sejak lama, sehingga motor ini sering disebut sebagai rajanya motor bebek. Terlebih Honda melengkapinya dengan beragam fitur terkini, seperti disk brake pada roda depan dan belakang, lampu belakang yang tajam dan dilengkapi dengan lampu LED, bagasi motor berkapasitas 7 liter, speedometer baru dengan tampilan modern yang elegan, terdapat power charger yang ada di dalam bagasi motor, functional hook yang memudahkan saat membawa barang, membuatnya terlihat asik, sporty dan futuristik. Selain fasilitas yang modern, motor ini memiliki 3 tipe yaitu standard, helm in dan CW Luxury cocok untuk anak muda sekarang.

Sebenarnya masih banyak lagi motor-motor yang irit, namun 5 nama motor diatas merupakan rekomendasi terbaik dari kami dalam urusan efisiensi bahan bakar dan performa mesinnya. Bagaimana dengan kalian? Sepeda motor apakah yang menarik minat kalian?



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja