Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Seputar Kehamilan Dan Trimester



CAHYOGYA.COM - Trimester kedua dimulai dari minggu ke-13 sampai minggu ke-27. Trimester kedua kehamilan ini disebut periode honeymoon. Pasalnya, di masa ini rasa mulai sudah berkurang, gejolak emosi sudah tidak ada lagi, dan hasrat seks sudah kembali. Kondisi ibu hamil akan semakin fit dan bugar, selera makan pun mulai meningkat. Ini juga masa yang menyenangkan, karena anda akan mulai merasakan gerakan-gerakan janin yang semakin aktif. Selain itu, apa lagi informasi seputar kehamilan trimester kedua yang perlu anda ketahui?


Perubahan yang Semakin Anda Rasakan

Sebagian besar wanita hamil pada trimester kedua ini tidak lagi merasakan mual ataupun mutah. Namun, ada sebagian orang yang masih mengalami gejala ini. Jika anda termasuk yang masih merasakan mual, minta dokter anda untuk meresepkan vitamin B6. Jenis vitamin ini berfungsi meredakan mual.

Sepanjang trimester kehamilan ini anda akan merasakan ketidaknyamanan pada area perut, sebabnya rahim anda berkembang, bertambah besar dan ligamen di sekitarnya tertarik. Semakin besar perut anda, maka napas anda pun terasa semakin pendek. Ini normal, karena ketika rahim membesar, maka aliran udara dalam sistem pernapasan anda sedikit terhambat.

Namun, jika anda mengalami kesulitan bernapas, segera hubungi dokter. Beri Perhatian Lebih Pada Perut Anda Perut semakin membesar, otot-otot perut tertarik, dan muncullah “stretch marks.” Untuk mencegahnya, anda bisa mengolesi minyak zaitun atau krim pencegah “stretch marks” sejak awal trimester kehamilan kedua, sehingga setelah melahirkan nanti perut anda tetap terlihat mulus.

Mungkin Akan Alami Mimpi Buruk

Setiap ibu hamil menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Namun, anda tidak bisa menutup mata bahwa di luar sana ada berbagai kenyataan buruk yang dialami oleh ibu-ibu di seluruh dunia. Oleh sebab itu, bisa jadi anda akan merasakan kecemasan, kekhawatiran, hingga terbawa mimpi. Ini sangat normal. Tidak perlu takut. Anda hanya perlu meyakinkan diri bahwa semuanya baik-baik saja, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Mulailah Senam Hamil

Pada masa ini ibu harus mulai aktif bergerak. Mulailah ikut senam hamil dan gerakan Kegels. Ini bagus untuk melatih mendorong bayi saat melahirkan nanti. Bila memungkinkan, ikuti prenatal yoga. Yoga tidak hanya melatih fisik anda untuk bersiap menghadapi lahiran, tetapi juga menenangkan mental anda.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja