Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mewaspadai Modus Penipuan Berkedok Pinjaman Modal Usaha



CAHYOGYA.COM - Tingginya kebutuhan modal usaha membuat banyak pihak berusaha untuk mengakomodir hal tersebut dengan memberikan tawaran pinjaman modal usaha secara online. Sayangnya, kondisi ini justru dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk melakukan penipuan berkedok pinjaman modal usaha.


Lalu, bagaimana cara mereka bekerja dan apa yang harus Anda lakukan untuk mewaspadainya? Berikut ini beberapa caranya :

Menawarkan kredit tanpa agunan dengan menggunakan DP

Salah satu tawaran yang membuat banyak orang tertarik untuk meminjam dana secara online yakni dengan hadirnya tawaran kredit tanpa agunan. Tawaran ini tentu menggiurkan mengingat banyak orang yang mundur dari proses pengajuan pinjaman karena tidak memiliki agunan atau agunan yang ada belum memadai. Sayangnya, kondisi ini justru dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk menipu para calon debitur. Biasanya, para oknum penipu tersebut akan menawarkan kredit tanpa agunan dengan membebani Anda Down Payment terlebih dahulu. Hal ini perlu Anda waspadai karena beberapa kasus penipuan bermula dari pembayaran Down Payment yang dilakukan debitur hingga kemudian proses pencairan pinjaman tak kunjung terjadi dan uang DP yang telah dibayarkan pun raib begitu saja.

Mewaspadai sms atau telepon dari orang tidak dikenal

Modus berikutnya yang biasa digunakan oknum penipu berkedok pinjaman modal usaha yakni dengan menghubungi calon debitur secara langsung. Biasanya, para oknum akan membawa nama perusahaan lembaga keuangan tertentu agar terlihat meyakinkan dan membuat Anda tertarik untuk meminjam dana melalui mereka. Oleh karena itu, waspadai sms atau telepon dari orang yang tak dikenal terutama jika membawa nama suatu lembaga keuangan dan menawarkan pinjaman modal usaha kepada Anda.

Lalu, bagaimana cara menghindari modus penipuan tersebut?

Tidak memberikan informasi kartu kredit Cara pertama yang dapat Anda tempuh yakni dengan tidak memberikan informasi kartu kredit kepada oknum tersebut. Informasi kartu kredit yang Anda berikan dapat disalahgunakan hingga akhirnya berujung pada pembobolan dana yang Anda miliki. Oleh karena itu, pastikan Anda berhati-hati dan tidak memberikan informasi kartu kredit kepada sembarang orang.

Memilih platform pinjaman online terpercaya 

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan yakni dengan memilih platform pinjaman online yang terpercaya. Untuk mengetahui apakah suatu platform pinjaman uang online terpercaya atau tidak, Anda dapat melihatnya melalui testimoni yang pernah diberikan oleh para debitur sebelumnya. Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah lembaga tersebut telah terdaftar di OJK dan berbagai otoritas resmi lainnya.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja