Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Menyiasati Antri Berjam-jam di Bank



CAHYOGYA.COM - Pernahkah Anda antri di bank selama berjam-jam? Hal itu pasti sangat menggangu, karena selain membutuhkan kesabaran ekstra waktu dan tenaga yang terbuang pun tak sedikit. Untuk menghindari antrian panjang di Bank ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:

Antri Berjam-jam di Bank


1. Datang lebih awal

Sebagian orang di Indonesia memang masih memegang teguh prinsip "Jam karet" sehingga hal ini pun merembet ke berbagai urusan lain. Beruntungnya untuk layanan penting sekaliber Bank, di Indonesia selalu buka tepat waktu dimulai dari Jam 08.00 sampai jam 15.00. Maka dari itu, selalu usahakan datang di jam pagi agar tidak perlu berlama-lama antri dan menunggu panggilan teller. Lebih baik bangun pagi daripada harus mengorbankan waktu di ruang tunggu Bank bukan? Jadi, jika urusan yang Anda perlukan sifatnya tidak begitu mendesak, lebih baik sedikit bersabar untuk berangkat ke Bank keesokan harinya.

2. Hindari hari Senin dan hari Jumat

Apa yang salah dengan kedua hari tersebut? Pertama, nasabah yang datang pada hari senin berpotensi membludak karena di hari sabtu dan minggu bank tutup. Alhasil jumlah pengunjung selama hari libur operasional tersebut menumpuk jadi satu. Alasan kedua merupakan kebalikan dari alasan pertama, yakni karena orang-orang biasanya tidak punya waktu di hari Senin sehingga ingin menyelesaikan urusan perbankan sebelum bank libur selama dua hari.

3. Jangan datang di awal bulan dan akhir bulan

Dari pengalaman pribadi sebagai nasabah salah satu Bank di Indonesia, antrian cenderung lebih banyak pada saat awal dan akhir bulan. Mengapa demikian? Setelah mencari tahu melalui beberapa rekan yang ebetulan juga bekerja sebagai petugas bank, disebutkan bahwa mayoritas pebisnis ataupun perusahaan sering kali melakukan aktivitas finansial pada rentang waktu tersebut, misalnya seperti mengirim gaji pegawai, membayar tagihan kredit, mengajukan kredit, membuka rekening baru, hingga memperbarui data finansial perusahaan. Jadi untuk nasabah perorangan yang tidak terikat oleh timeline sangat dianjurkan untuk menyelesaikan urusan perbankan pada tengah bulan untuk menghindari potensi antrian panjang yang cukup menguras waktu dan tenaga.

4. Gunakan Layanan DBS DigiBank

Khusus bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi dan tidak sempat datang ke Bank, Anda bisa memilih layanan DigiBank. Produk digital yang dikembangkan oleh Bank DBS ini merupakan salah satu alternatif yang pas untuk para enterpreneur muda yang punya mobilitas tinggi. Pasalnya, dengan menggunakan layanan perbankan dari DigiBank by DBS Anda tidak perlu lagi repot-repot antri di bank, bahkan jika diperlukan agen DigiBank secara langsung akan datang ke rumah atau kantor  menyesuaikan dengan jadwal kita, menarik bukan?

Saya sendiri pertama kali mendengar layanan DigiBank ini dari acara Accestrade Caravan, sebuah platform affiliasi asal Jepang yang baru-baru ini sedang melebarkan sayap bisnisnya ke pasar Tanah Air. Ketika awal-awal dijelaskan mengenai berbagai benefit yang bisa kita peroleh, saya langsung tertarik dengan bank digital ini. Bayangkan saja untuk menjadi nasabah kita hanya perlu registrasi melalui aplikasi DigiBank by DBS yang bisa diunduh gratis di Play Store dan App Store.

Tips dan Trik Menyiasati Antri Berjam-jam di Bank

Proses dan syarat pendaftarannya pun cukup mudah, data yang diperlukan hanya nama, alamat tinggal, email, serta nomor telepon seluler aktif untuk menerima enam digit kode autentifikasi pendaftaran. Setelah itu, kita tinggal membuat username dan password akun dan mengisi beberapa survey untuk mengoptimalkan layanan DigiBank. Jika di total, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran tersebut berkisar antara 5 sampai 10 menit saja, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan datang langsung ke bank.

daftar digibank


Untuk memastikan agar data yang kita masukkan valid, petugas dari Digibank nantinya akan datang untuk memvalidasi data. Waktu dan tempatnya sangat fleksibel menyesuaikan dengan jadwal kita. Saat bertemu dengan agen dari DigiBank pun kita tidak perlu menyiapkan berkas yang beribet, karena data yang dibutuhkan hanya berupa E-KTP dan scan biometrik dari sidik jari telunjuk kanan. Kemudian setelah proses validasi dinyatakan selesai, kita akan memperoleh kartu ATM DigiBank yang dikirim langsung ke alamat rumah kita.

Keuntungan menggunakan layanan DigiBank by DBS


Sebagai salah satu layanan yang didesain khusus untuk kaum muda, selain menawakan berbagai layanan digital DigiBank juga menyediakan berbagai promo menarik yang akan semakin memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah DigiBank Promo dimana setiap nasabah yang baru pertama kali membuat akun akan langsung mendapatkan saldo sebesar Rp50 ribu. Tak hanya itu saja, bagi para pengguna Go-Pay dan MTix juga akan mendapatkan cashback sebesar 25% saat melakukan top up saldo dalam jumlah tertentu melalui rekening DigiBank.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh pengguna yakni, bebas biasa administrasi bulanan, bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM berlogo Visa di Indonesia serta bebas dari biaya transfer antar bank yang rata-rata dipatok sebesar Rp6.500 per transaksi. Hal ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi Bank DBS khususnya DigiBank, karena saat ini berbagai layanan diatas masih langka ditemukan pada bank lain.


Selain berbagai keuntungan diatas, pada aplikasi DigiBank juga sudah terdapat fitur Spend Tracker. Fitur canggih ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk melacak berbagai pembayaran yang dilakukan setiap bulannya, mulai dari kebutuhan kuliner, hiburan, tagihan dan sebagainnya. Melalui fitur ini pengguna pun bisa semakin mudah mengatur lalu lintas keuangannya sendiri.

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk menyiasati agar tidak antri berjam-jam di Bank. Satu tips terakhir yang mungkin bisa diparaktekkan adalah memanfaatkan layanan Customer Service melalui telphone seluler, Chat room maupun Sosial Media untuk menangani berbagai permasalahan yang kita alami sehingga kita tidak perlu lagi datang ke cabang bank terdekat. Menurut Anda sendiri bagaimana? Jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar dibawah jika Anda memiliki pengalaman atau tips cara mensiasati antrian panjang di Bank agar bermanfaat bagi pembaca lain.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja