Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disawa Pawon, Resto Tradisional Jawa-Bali yang Menyuguhkan Suasana Pedesaan


CAHYOGYA.COM - Bicara soal aneka kuliner di Jogja memang tidak ada habisnya, mulai dari jenis makanan kekinian, cepat saji sampai tradisional semua ada dan punya kelebihan masing-masing saat dinikmati di kawasan kota gudeg ini.


Belum lama ini saya sempat berkunjung ke salah satu resto tradisional di daerah Jogja utara, atau tepatnya di daerah Ngemplak, Sleman. Nama tempatnya yaitu Disawa Pawon, sesuai dengan namanya resto ini menawarkan nilai jual utama berupa suasana khas pedesaan di antara petakan-petakan sawah yang masih rutin ditanami padi setiap tahunnya.


Selain bakal disambut suasana persawahan, ketika berkunjung ke tempat ini Anda juga akan langsung dimanjakan oleh bangunan hasil perpaduan antara rumah limas dan Joglo yang dicat dengan warna cukup mencolok. Usut punya usut, rupanya sang pemilik memang sengaja memilih warna kuning dan hijau agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.


Disawa Pawon sendiri sebenarnya belum terlalu lama dibuka untuk umum, karena lokasinya baru diresmikan sekitar dua bulan lalu. Kendati demikian, saat ini namanya sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara dan domestik berkat konsep pedesaan yang diusung.

Selain bisa menikmati sajian makanan tradisional dengan pemandangan alami, disini para pengunjung juga bisa berfoto ala-ala vintage berkat adanya berbagai pernak-pernik petani, seperti cangkul, caping, kendi, bahkan hingga sepeda jawa untuk mengangkut hasil pertanian.


Setelah puas berkeliling menikmati pemandangan di sekitar bangunan Disawa Pawon, saya pun mulai mengeksplore berbagai menu tradisional andalannya, yang terdiri dari nila bakar, sate lilit khas Bali, ayam goreng, ayam bakar bumbu rujak, dan sejumlah menu lainnya mulai dari Rp8 ribu - Rp 25 ribu. Sementara itu, untuk minumannya yang paling spesial ada Es Teler DISAWA, Es kelapa muda, wedang rempah, serta berbagai jenis kopi mulai dari Rp7ribu - Rp20 ribu saja.



Bagi Anda yang suka ngemil, Disawa Pawon juga menyediakan aneka hidangan pendamping seperti tempe goreng, mendoan, tahu goreng dan pisang aroma yang dibanderol mulai dari RpRp7.500 - Rp15.000, cukup terjangkau bukan?

Tak sulit menemukan lokasi Disawa Pawon, untuk Anda yang berangkat dari arah kota Jogja bisa mengambil jalan Tajem ke arah Babadan, kemudian tinggal lurus saja mengikuti jalan aspal, nanti di sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah menuju restoran tradisional ini.

DISAWA PAWON

Jalan Sawahan Lor, Demangan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Buka setiap hari: Jam 11.00 s./d 21.00 WIB

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja