Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Rekomendasi Tempat Wisata Wonogiri yang Perlu Kamu Ketahui



CAHYOGYA.COM - Berlibur ke tempat wisata alam rasa-rasanya akan selalu menjadi hal yang membuat ketagihan. Sama halnya ketika kamu memutuskan untuk berwisata ke Wonogiri. Ya banyak sekali wisata Wonogiri yang siap memanjakanmu. Ada wisata telaga, air terjun hingga pantai yang tentu saja menyuguhkan panorama alam yang indah dan mengagumkan.


Salah satu spot wisata yang biasa dikunjungi ketika berada di Wonogiri adalah Waduk Gajah Mungkur. Meski begitu masih banyak tempat wisata Wonogiri lainnya yang juga tidak kalah menarik.

Tempat Wisata di Wonogiri

Penasaran dengan tempat wisata yang ada di Wonogiri? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi seputar tempat wisata Wonogiri.

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu berlokasi di Gunturharjo, Paranggupito. Keindahan pantai ini semakin sempurna karena adanya hamparan pasir putih lengkap dengan tebing yang ada di sekelilingnya.

Perjalanan yang harus kamu tempuh untuk bisa sampai ke titik lokasi adalah sekitar 70 km (terhitung dari pusat kota Wonogiri). Sementara itu, apabila kamu memulai perjalanan dari Solo, setidaknya kamu akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk benar-benar sampai ke pantai Nampu.

Oia, mengingat rute menuju lokasi cukup curam dan tajam, pastikan untuk tetap waspada dan berhati-hati ya. Meski demikian kamu tetap akan terhibur karena di sepanjang perjalanan terdapat pemandangan alam yang memukau.

2. Pantai Sembukan

Selain pantai Nampu, di Wonogiri juga terdapat pantai Sembukan. Pantai ini berada di Dusun Sembukan, Panggupito Wonogiri. Menariknya, pantai ini terlihat semakin memukau karena adanya perbukitan dan tebing yang menjulang.

Perjalanan menuju pantai Sembukan yang dimulai dari Stasiun Balapan Solo hingga Pantai Sembukan setidaknya berjarak 89 km. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa tiba di lokasi yakni kurang lebih 2 jam 24 menit.

3. Telaga Claket

Telaga Claket terletak di bawah kaki perbukitan, tepatnya di Desa Sendang Ijo, Selogiri, Wonogiri. Titik lokasi telaga ini berada tak jauh dari Bendungan Colo. Apabila kamu memulai perjalanan dari Solo, maka waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai di lokasi adalah sekitar 1 jam.

Telaga yang juga sering disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Wonogiri ini mempunyai luas satu hektar. Di sana juga banyak spot menarik yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto. Tentu ini menjadi kabar bahagia bagi kamu yang hobi fotografi.

4. Air Terjun Girimanik

Air terjun ini berada di Desa Setren, Slogohimo. Uniknya, objek wisata ini mempunyai 3 air terjun, yakni air terjun Condromoyo, Manikmoyo (70 m), dan Temojoyo (30 m).

Air terjun ini berjarak 35 km dari pusat kota, tepatnya terletak di sebelah timur Wonogiri. Ambil saja rute Wonogiri ke arah Slogohimo dan pilihlah arah ke utara sejauh kurang lebih 10 km.

5. Jurug Kemukus

Jurug Kemukus juga menjadi satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Wonogiri. Menariknya, air terjun ini mempunyai tiga tingkat. Tentu ini menambah pesona keindahan air terjun Kemukus itu sendiri.

Belum lagi aliran pertama dari air terjun ini memiliki tinggi 30 meter, sementara itu untuk aliran air terjun kedua dan ketiga mempunyai tinggi 40 meter. Pemandangan alamnya semakin eksotis karena adanya tebing tinggi yang berada di sekeliling jurug Kemukus.

Jurug atau air terjun Kemukus ini berlokasi di Dusun Ngijo, Purwoharjo, Karangtengah. Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh dengan motor maupun mobil.

Demikianlah beberapa tempat wisata Wonogiri yang perlu kamu ketahui. Nah, apakah kamu sudah siap menjelajahi semua tempat wisata tersebut? Oia, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan selama di Wonogiri ya.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja