Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Miliki Kulit yang Lembab di Cuaca Panas dan Kering



CAHYOGYA.COM - Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dimana hanya terdapat dua cuaca yaitu kemarau dan hujan. Saat musim kemarau tiba, suhu udara normal yang berkisar 34 sampai 37 derajat celcius bisa naik hingga titik maksimalnya yaitu 37 sampai 38 derajat celcius.


Untuk melihat kondisi cuaca ini, tidak hanya dipengaruhi oleh suhu udara saja, tetapi parameter cuaca lainnya seperti kelembapan udara, arah angin, pola tekanan, dan lain-lain juga penting untuk diketahui. Panas dari matahari yang menyengat bisa menyebabkan kelembapan udara menurun drastis sehingga meski suhu optimal atau radiasi optimum, panas yang menyengat tersebut akan tetap terasa.

Selain kelembapan yang sangat rendah itu tadi, arah angin dan pola tekanan yang belum terpenuhi juga bisa menyebabkan cuaca menjadi sangat panas. Sebagai mahluk hidup yang perlu mempertahankan eksistensinya, manusia beradaptasi dnegan lingkungan sekitar melalu proses menerima dan merespon yang sudah terprogram oleh tubuh. Setiap fenomena yang terjadi ini akan diterima dan direspon dengan sebaik mungkin oleh tubuh kita sehingga terjadi keseimbangan dalam tubuh dan kesesuaian kondisi tubuh dengan lingkungan sekitar.

Saat cuaca panas, pembuluh darah dalam tubuh akan cenderung melakukan vasodilatasi atau melebar hingga mendekati permukaan kulit agar dapat mengalirkan panas keluar dari tubuh sehingga Anda tidak mengalami panas berlebih karena setiap pergerakan yang Anda lakukan itu sendiri sudah menghasilkan panas.

Untuk kelembapan udara dalam ruangan, yang dianggap ideal adalah sekitar 40% sampai 60%. Angka 45% bisa dianggap sebagai angka yang paling ideal. Kelembapan yang kering biasanya berada di kisaran kurang dari 15% bisa dirasakan di lingkungan luar rumah saat cuaca kemarau maupun dalam ruangan ber-AC terlalu lama.

Untuk mengatasi ini untuk para wanita pastikan selalu mengoleskan body serum wanita secara berkala dan teratur dan lakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dengan menggunakan make up cleanser wajah yang bagus untuk menjaga kebersihan dan kelembapan dari wajah setiap harinya.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja