Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memilih Laptop untuk Pelajar



CAHYOGYA.COM - Saat ini, laptop tak hanya digunakan untuk presentasi maupun membuat laporan keuangan. Namun juga digunakan untuk belajar. Bahkan sejumlah sekolah menyelenggarakan ujian akhir menggunakan laptop. Apakah Anda ingin melihat ke toko komputer untuk mengetahui harga laptop dan harga RAM laptop? Karena anak anda yang bersekolah di SMA membutuhkannya.


Ada banyak laptop yang dijual, mulai dari harga 2 jutaan sampai puluhan juta. Harganya bervariasi karena spesifikasinya beragam. Bagaimana cara memilih laptop untuk anak Anda yang berstatus siswa?

Ini Cara Memilih Laptop untuk Pelajar

1. Berat

Saat ini, laptop didesain dengan ketebalan yang variatif. Pilihlah laptop yang bobotnya tak terlalu berat. Karena jika laptop itu dibawa setiap hari ke sekolah, maka laptop yang terlalu besar akan memenuhi tas ransel anak.

Jika anda belum bisa membelikan laptop yang harganya 5 jutaan, pilih notebook yang harganya lebih terjangkau. Selain ukuran layar lebih kecil dan bobotnya ringan, harganya juga ada yang mulai 2 jutaan saja.

2. Spesifikasi

Laptop untuk pelajar tidak memerlukan spesifikasi yang sangat lengkap. Karena hanya digunakan untuk mengetik tugas dari sekolah, belajar excel, dan juga menonton film edukasi.

Pilihlah laptop dengan prosesor i-3 yang harganya sudah lumayan terjangkau. RAM-nya cukup 2GB. Jika anda membeli laptop second, periksa dahulu, apakah bisa menggunakan wi-fi. Jika di sekolah ada fasilitas wi-fi, maka anak Anda bisa memakai internet dengan laptopnya.

Nanti jika anak anda lulus sekolah dan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih saat kuliah, anda bisa meng-upgradenya. Tambahkan RAM-nya dan bandingkan harga RAM laptop di toko online maupun offline.

3. Baterai

Pilih laptop yang baterainya tahan lama. Karena jika anak Anda membawanya ke sekolah, ia bisa menggunakan laptop. Tanpa harus mencari colokan listrik.

4. Software

Kadang ada toko komputer yang menjual laptop dengan harga murah. Karena laptop itu belum terisi oleh software (kosongan saja). Atau hanya diinstall dengan perangkat lunak dari Linux yang lisensinya gratis.

Jika anak Anda tidak terbiasa dengan software linux, pilih laptop yang sudah terinstall dengan perangkat lunak lain. Anda membeli laptop kosongan? Belilah software yang legal, jangan tergoda dengan perangkat lunak ilegal. Pilih dengan hati hati sebelum melihat harga laptop, harga software original, dan juga harga RAM laptop di toko komputer.

5. Lokasi Toko

Di mana anda membeli laptop untuk putra kesayangan? Jika anda ingin menyentuh dan melihat langsung laptopnya, belilah di toko offline. Namun jika di kota anda tidak ada toko komputer yang menjual laptop dengan spesifikasi yang anda inginkan, belilah di toko online.

Pilihlah toko online yang terpercaya dan sudah punya nama di kalangan netizen.

Waspadalah jika membeli laptop secara online. Karena ada penjual nakal yang mengirimkan gula pasir di dalam paket, bukan laptop. Belanja online memang rawan penipuan. Namun anda bisa menghindari kejadian ini dengan belanja di Bukalapak. Sebagai e-commerce, kami menggunakan rekening bersama. Jadi penjual laptop baru mendapat uang, jika Anda menekan tombol konfirmasi setelah menerima barang pesanan. Sehingga anda terhindar dari segala macam penipuan.

Bukalapak sangat terpercaya dan menyediakan komputer, laptop, mouse, dan segala kebutuhan anda. Cek di website atau aplikasi Bukalapak untuk melihat harga laptop terbaru dan harga RAM laptop. Kami berikan harga terjangkau dengan spesifikasi laptop dan notebook sesuai keinginan anda.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja