Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi NFC Smartphone yang Luput dari Perhatian



CAHYOGYA.COM - Perkembangan teknologi yang cukup pesat memungkinkan orang dapat dengan mudah menggunakan uang cashless. Kamu tidak perlu lagi menyimpan banyak uang dalam dompet kamu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyimpan uang kamu selain meyimpan di bank dan menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit untuk bertransaksi. Produk keluaran telkomsel ini salah satunya: Tcash. Dengan menggunakan Tcash, kamu bisa melakukan cashless transaction. Biasanya Tcash ditempelkan pada belakang ponsel sehingga akan memudahkan kita ketika melakukan transaksi.

tcash

Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Tcash, terutama dalam hal cara mengisi ulang, kamu bisa cari informasinya dengan cara klik di sini.

Sumber: techinasia Selain menggunakan Tcash, ada banyak cara melakukan cashless transaction. Hal ini didukung dengan banyaknya aplikasi smartphone yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahan fintech. Salah satu fitur dari smartphone yang bisa kamu manfaatkan kegunaannya untuk melakukan pembayaran adalah NFC.

Pernahkah kamu mendengar NFC?


Apakah kamu pernah mendengar jikalau fitur NFC ini terdapat dalam smartphone, kamu dapat menggunakannya tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Daripada kamu pusing sendiri karena memikirkan hal ini, yuk ikuti informasi dari kami mengenai NFC agar kamu bisa mengetahui fungsi-fungsi yang ada, syukur-syukur nantinya fitur ini akan bermanfaat bagi kamu.

NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication. Dengan menggunakan NFC kamu akan dengan mudah terkoneksi dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC. Bisa dibilang, NFC adalah fitur masa kini yang akan sangat memanjakan usernya.

Fungsi NFC itu ada banyak sekali, misalnya saja untuk membuka aplikasi secara otomatis. Contoh riilnya untuk fitur ini adalah kamu bisa dengan mudah menyalakan lampu dengan cara melakukan tap tag NFC ke dekat pintu. Fungsi NFC yang lain adalah menjalankan tugas tertentu.

nfc

Fungsi NFC yang paling sering digunakan dan merupakan fitur canggih dari NFC adalah untuk melakukan pembayaran. Fungsi NFC ini sangat bermanfaat bagi penggunanya dan dapat menciptakan cashless society. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan melakukan tap smartphone ke perangkat transaksi. Dengan cara ini bisa menjadi alternatif kamu ketika kamu enggan mengeluarkan kartu kredit atau kartu debit untuk melakukan transaksi. Tinggal tap maka transaksi kamu bisa diproses.

Cara NFC untuk melakukan pembayaran ini akan berkerja jika kamu sudah mendaftarkan kartu kredit atau debit kamu ke dalam akun Google wallet, paypal, ataupun layanan payment gateway yang lainnya. Kemudian, kamu perlu melakukan proses otorisasi dengan pihak perbankan dan kemudian kamu hanya perlu mengaktifkan NFC yang ada di dalam smartphone kamu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa penggunaan NFC adalah dengan melakukan tap ke dalam NFC reader. Kemudian, kedua perangkat ini akan melakukan pertukaran data. Jika pertukaran NFC ini berhasil, kasir bisa menyatakan bahwa tidak ada masalah pada proses payment.

Di beberapa negara, penggunakan NFC ini sudah banyak diaplikasikan di tempat-tempat umum, misalnya saja untuk melakukan pembayaran kereta api, pembayaran ongkos bus, atau melakukan pembayaran di pusat-pusat perbelanjaan. Ada lagi beberapa jasa penerbangan juga mengaplikasikan penggunaan NFC.

Bagaimana, tertarik melakukan pembayaran dengan melalui tap NFC kamu? Dengan hal ini kan kamu bisa mempermudah transaksi yang dengan kamu lakukan dan pastinya akan menghemat waktu. Pihak penjual juga tidak perlu lagi memusingkan kembalian uang jika pada pembayaran cash kembalian uang pecahan kecil susah diperoleh. Selain pembayaran, banyak juga lho fungsi NFC yang bisa kamu ambil manfaatnya. Jadi, tidak usah ragu untuk mencoba NFC ini.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja