Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Hal Ini Penting Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bayi



CAHYOGYA.COM - Pertumbuhan bayi menjadi fase yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja jika sudah memasuki peran sebagai orang tua. Upayakan untuk terus mendampingi si kecil di setiap fase pertumbuhannya. Apa lagi pertumbuhan bayi berlangsung secara optimal pada 1.000 hari pertamanya dan ini tidak akan terulang kembali nantinya.

Pertumbuhan Bayi

Pada rentang usia inilah otak bayi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga Anda dianjurkan untuk memberikan stimulasi yang tepat guna mendukung daya tumbuh kembang anak. Tidak hanya dianjurkan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak anak, Anda juga disarankan untuk mengenalkan beberapa kegiatan tertentu yang dapat membantu meningkatkan IQ bayi. Mengajak bicara dan mengenalkannya kepada objek-objek yang ada dilingkungan sekitar adalah salah satu cara paling umum dilakukan oleh sebagian besar orang tua, karena hal ini paling mudah dan simpel. Meningkatkan IQ Bayi

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendukung peningkatan IQ bayi.

1. Berikan ASI eksklusif

ASI memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama pada pertumbuhan otak dan sistem syaraf. Lebih dari itu ASI merupakan imunitas terbaik bagi bayi sehingga bayi tidak akan mudah terserang bakteri maupun infeksi.

Oleh karena itu usahakan untuk memberikan ASI ekslusif pada bayi hingga usia bayi mencapai 2 tahun. ASI juga menjadi bonding terbaik antara ibu dan anak. Bahkan sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bayi yang pada masa kecilnya mendapatkan full ASI akan memiliki kecerdasan yang tinggi daripada bayi yang tidak mendapatkan ASI yang cukup.

2. Menggendong bayi

Ternyata menggendong bayi juga disarankan sebagai salah satu bentuk stimulus pada anak. Sering-seringlah menggendong bayi dan mengajaknya berjalan-jalan. Ini membantu si kecil belajar keseimbangan dan akan terlihat hasilnya ketika bayi mulai belajar berjalan. Namun pastikan Anda memilih gendongan bayi yang tepat agar tidak menghambat pertumbuhan bayi.

3. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

ASI ekslusif minimal diberikan pada bayi sejak bayi berusia 0 hingga 6 bulan. Setelah itu anak sudah mulai bisa diberi Makanan Pendamping ASI atau yang dikenal dengan MPASI. Nah, mulailah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anak dengan memberikan MPASI dari jenis-jenis makanan bergizi. Mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan hingga daging.

4. Jangan biarkan anak menjadi gadget addict

Problematika ibu masa kini adalah ketika anak sudah terbiasa bermain gadget sejak usia bayi. Awalnya mungkin Anda ingin meredam tangis si kecil dengan memberikan tontonan melalui gadget. Namun karena terlalu sering akhirnya membuat anak menjadi ketagihan hingga tak jarang membuat si kecil menjadi crunky jika tidak diberi gadget.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda membatasi penggunaan gadget pada si kecil sejak usia bayi. Perlu diketahui bahwa penggunaan gadget berlebih berisiko membuat anak mengalami keterlambatan bicara hingga sulit berkomunikasi dengan orang lain. Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan pertumbuhan IQ bayi. Masa bayi anak tidak akan terulang kembali dan akan berlalu seiring pertumbuhan dan perkembanannya. Oleh karena itu usahakan untuk meluangkan waktu secara intens bersama si kecil agar Anda tahu persis setiap fase pertumbuhan bayi yang dialami. Jangan sampai buah hati sampai mengalami kurang perhatian ataupun nutrisi sehingga menyebabkan terhambatnya proses tumbuh kembang dimasa yang akan datang. Bagaimana menurut Anda? Semoga bermanfaat.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja