Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Memaksimalkan Modal Usaha Kecil



CAHYOGYA.COM - Modal usaha menjadi salah satu poin penting yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Untuk menjalankan sebuah usaha tentu saja dibutuhkan modal awal yang jumlahnya bisa bervariasi tergantung dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Urusan modal inilah yang seringkali menjadi momok bagi para calon pebisnis. Banyak orang yang tak bisa mewujudkan bisnis impian mereka karena terhalang modal.


Modal seringkali juga membuat seseorang merasa minder dan tidak percaya diri untuk menjalankan sebuah usaha. Banyak yang takut untuk memulai bisnis karena takut tidak punya cukup modal. Padahal, jika diperhatikan dan dipersiapkan lebih dalam lagi, modal kecil sekalipun bisa dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah usaha.

Di luar sana banyak pebisnis sukses yang memulai usahanya dengan modal yang tidak besar. Semua dirintis dari nol dengan modal yang terbatas dan dikembangkan hingga bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Jadi, sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk menjalankan sebuah usaha dengan modal yang kecil. Lalu apa saja yang bisa dilakukan jika kita ingin berbisnis dengan modal yang kecil?

Memaksimalkan Modal Kecil

Modal kecil bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis. Penghalang kesuksesan anda adalah rasa minder dan malas yang ada pada diri anda sendiri. Jika anda bekerja keras dan cermat memanfaatkan modal yang ada maka anda pasti bisa memulai sebuah bisnis kecil dan mengembangkannya menjadi besar.

Berikut adalah 5 tips memaksimalkan modal usaha kecil yang bisa anda lakukan :

1. Bisnis Franchise

Bagi anda yang memiliki modal kecil, anda bisa melakukan usaha franchise. Saat ini ada banyak sekali pilihan usaha franchise yang bisa anda tekuni. Bahkan banyak paket franchise yang bisa anda beli dengan modal kurang dari Rp 3 juta. Pilih jenis franchise yang mudah, murah, dan menjanjikan.

2. Manfaatkan Media Sosial

Sekarang jamannya melakukan marketing melalui media sosial. Anda bisa memanfaatkan koneksi internet untuk menyebarluaskan bisnis yang baru anda mulai. Selain biayanya lebih murah, anda juga bisa memperkenalkan bisnis anda ke banyak orang karena saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial.

3. Manfaatkan Relasi

Coba manfaatkan relasi yang anda miliki agar anda bisa menjalankan bisnis sesuai dengan harapan anda meksipun hanya memiliki modal yang kecil. Anda bisa minta bantuan teman atau kerabat. Misalnya, anda butuh pemasok bahan baku untuk makanan yang akan anda jual, maka coba cari apakah ada kerabat yang bekerja di bidang tersebut dan bisa memberikan bantuan untuk anda.

4. Mulai dengan Skala Kecil

Jangan ragu untuk memulai bisnis dari skala yang kecil. Karena modal yang anda miliki kecil maka bisnis yang anda jalankan juga sebaiknya dimulai dari yang kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, jika anda pandai mengelola bisnis, bisnis anda pasti bisa berkembang menjadi semakin besar.

5. Langsung Jalankan Bisnis

Jangan menunda jika semua persiapan sudah dilakukan. Segera jalankan bisnis anda begitu semua aspek yang penting sudah siap. Ketika anda langsung menjalankan bisnis meskipun masih skala kecil maka akan terjadi perputaran uang sehingga modal anda bisa bertambah semakin besar. Itulah tadi 5 tips memaksimalkan modal kecil untuk menjalankan sebuah usaha. Kini, modal usaha yang kecil bukan sebuah halangan untuk menjalankan bisnis impian anda. Tak masalah jika modalnya kecil asalkan anda terus bekerja keras, memiliki semangat dan fokus untuk mengembangkan bisnis anda tersebut.

Jika tips diatas dirasa masih belum cukup mencerahkan menurut kacamata Anda. Ada beberapa cara lain untuk meningkatkan modal kecil Anda menjadi lebih signifikan lagi, misalnya saja seperti mencari suntikan dana dari investor, menjual atau menggadai sejumlah aset berharga, hingga meminjam kepada kerabat dekat.

Untuk bisa mendapatkan modal dari cara pertama, hal yang perlu Anda lakukan adalah memperluas networking dengan para pebisnis kelas kakap. Bagaimana caranya? Anda bisa datang ke acara seminar kewirausahaan ataupun event bisnis yang berkaitan dengan ide dasar, jangan lupa persiapkan konsep bisnis yang matang lengkap dengan kebutuhan anggaran, tabel kapitalisasi serta proyeksi pasar kedepannya. Jalinlah relasi sebanyak-banyaknya karena dengan begitu maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan calon investor yang tertarik untuk bekerjasama maupun berbagi pengalaman kepada Anda.

Di sisi lain, ketika upaya Anda untuk mendapatkan calon investor mengalami deadlock atau jalan buntu, cobalah mengulas kembali rencana bisnis dan ide dasar Anda siapa tau ada hal yang salah dan bisa segera diperbaiki. Nah, jika Anda sudah mantap maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjual barang berharga sebagai modal awal. Lihatlah disekeliling rumah, apakah ada barang-barang seperti gadget, perhiasan mahal atau tas branded yang tidak terlalu dibutuhkan dalam waktu dekat. Kalau Anda masih tidak rela menjualnya, cobalah menggadai barang-barang berharga tersebut untuk sementara waktu, jika usaha Anda sudah berjalan stabil Anda pun bisa menebus kembali dengan bunga rendah dimasa yang akan datang.


Cara terakhir dan biasanya paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan. Dalam hal ini CekAja.com merupakan salah satu perusahaan yang bisa Anda tuju, link terkait pinjaman modal usaha bisa diakses disini https://www.cekaja.com/small-business-banking. Bagaimana menurut Anda?


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja