Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koperasi Simpan Pinjam Online di Pracico



CAHYOGYA.COM - Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk menyejahterakan anggota dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi anggota itu sendiri. Koperasi jenis ini termasuk dalam koperasi jasa, yaitu koperasi yang memberikan pelayanan jasa berupa simpan pinjam kepada anggotanya. Ide ini dicetuskan pertama kali pada abad ke-20 ketika koperasi dimulai dari rakyat yang membangun usaha sendiri agar terlepas dari penderitaan.


Gerakan koperasi di Indonesia pertama kali dilakukan oleh Budi Utomo dan sampai saat ini telah menjadi badan yang membantu perekonomian banyak orang. Dilindungi oleh undang-undang dan peraturan, koperasi jenis ini sudah berkembang menjadi lebih pesat dan tersebar ke berbagai daerah di Indonesia dengan anggota yang banyak.

Keuntungan Koperasi Simpan Pinjam Online

Pracico merupakan anak perusahaan dari Multi Inti Sarana yang bergerak di bidang keuangan. Salah satunya adalah Pracico Inti Sejahtera (PIS). PIS merupakan usaha di bidang koperasi simpan pinjam yang diresmikan pada April 2018. Meskipun baru diresmikan, PIS melihat perkembangan teknologi yang ada bisa digabungkan dalam pelayanan koperasi. Dari sinilah muncul banyak inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota koperasi. Inovasi yang saat ini mulai dikenalkan kepada masyarakat dalam menjalankan koperasinya adalah menerapkan sistem online. PIS melihat adanya peluang ini dan diprediksi akan memudahkan para anggota koperasi. Kemudahan dan keuntungan dalam koperasi jasa yang menggunakan sistem online akan dijabarkan sebagai berikut.

• Inovasi pelayanan baru

Transformasi digital dalam simpan pinjam di koperasi sangat berpengaruh dalam hasil pelayanan yang diberikan. Pengembangan teknologi dan usulan inovasi sistem online berdasarkan adanya kebutuhan yang diminta oleh anggota yang menginginkan pelayanan cepat dan tepat. Pemenuhan kebutuhan yang diberikan oleh koperasi dalam aktivitas simpan pinjam tentunya akan lebih mempermudah anggota koperasi dalam banyak aspek, seperti waktu pelayanan dan banyak hal lain.

• Simpan pinjam lebih efektif dan efisien

Teknologi dikembangkan untuk memudahkan kerja manusia. Begitu pula internet. Dengan adanya sistem online karena internet, ada banyak hal yang bisa dikerjakan secara efektif dan efisien. Dengan adanya sistem online di koperasi simpan pinjam ini, proses dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. Tanpa perlu datang ke tempat koperasi, anggota bisa melakukan simpan pinjam hanya dengan koneksi internet. Selain itu, anggota koperasi juga akan lebih banyak menghemat waktu karena hanya perlu bergerak melalui internet untuk melakukan simpan atau pinjam. Harapan ke depanya, operasional dalam koperasi dengan sistem online akan lebih optimal.

• Partisipasi aktif dari anggota

Sistem online yang dicetuskan PIS bertujuan meningkatkan partisipasi aktif dari masing-masing anggotanya. Dengan sistem online ini diharapkan seluruh anggota koperasi dapat mengawasi perkembangan koperasi tersebut. Baik dari aktivitas simpan maupun pengajuan pinjaman sehingga dapat meminimalisasi segala bentuk kesalahan. Pengikutsertaan anggota koperasi diharapkan dapat meningkatkan interaksi antaranggota.

• Memberdayakan anggota

Proses simpan pinjam di koperasi terikat oleh beberapa aturan. Meskipun begitu, koperasi simpan pinjam dengan sistem online dapat memberikan otonomi sendiri dalam memutuskan sesuatu. Adanya partisipasi dari anggota dapat memberikan kebebasan anggota dalam melakukan aktivitas simpan pinjam. Hasilnya, anggota dapat meningkatkan produktivitasnya terkait aktivitas di koperasi dan dapat membantu dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Koperasi simpan pinjam dengan sistem online akan lebih membantu anggota koperasi dalam melakukan aktivitas simpan pinjam. Keuntungan-keuntungan tersebut yang ditawarkan oleh PIS dalam inovasinya. Untuk mengetahui info lebih lanjut, silahkan cek website pracico.com.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja