Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selayang Pandang, Menu Baru yang Menggairahkan dari Sekar Kedhaton Resto Yogyakarta



CAHYOGYA.COM - Rasa lapar di sore hari selepas kerja seharian memang tidak bisa di bohongi. Kalau sudah begini biasanya saya sempatkan untuk mampir ke salah satu warung makan langganan atau minimarket terdekat di perjalanan pulang.

Tanpa pikir panjang, sore itu pun saya putuskan untuk meluncur ke kawasan Kotagede dimana biasanya selalu ramai akan kuliner pasarnya. Belum sempat melintasi jembatan kali gajah wong, perhatian saya teralihkan oleh sebuah papan nama besar di selatan jalan bertuliskan Sekar Kedhaton Restaurant. Dari luar bangunannya tampak megah dengan lahan parkir yang cukup luas. Penasaran akan tempat unik ini, saya pun melambatkan laju sepeda motor yang saya naiki, diiringi dengan lampu sein kiri sebagai isyarat bagi pengendara lain.

Bangunan Utama Sekar Kedhaton Resto


Ketika masuk kedalam area Sekar Kedhaton resto, suasana tempo dulu bakal langsung terasa di sepanjang pandangan mata, karena selain bangunan utama yang sangat otentik, terdapat juga fasilitas pendukung di sisi kanan dan kiri yang tak kalah menarik. Hal ini cukup wajar apalagi jika mengingat Kotagede termasuk dalam salah satu kawasan bersejarah di Yogyakarta berkat perannya sebagai The Old Capital City yang menyimpan banyak sejarah terkait kejayaan Mataram Islam.

Dekorasi Ruangan di Lantai 1 Tempat Saya Bersantap Malam


Sekar Kedhaton merupakan salah satu restoran terbesar di Jogja yang tak pernah luput dari kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Rumah makan yang berada di kawasan Jalan Tegal Gendu No.28 Kotagede tersebut berdiri di sebuah bangunan megah, hampir mirip seperti kraton namun dengan sentuhan arsitektur kolonial di beberapa sudutnya.

Selagi berada di sini, saya pun tertarik dengan menu baru bernama "Selayang Pandang". Seperti namanya, pilihan hidangan ala carte tersebut terbagi kedalam tema berbeda dengan bermacam lauk pauk dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari kuliner khas Bali, Sulawesi, Kalimantan, hingga Sumatera.



Agar pengguna yang datang tidak merasa bosan, varian menu Selayang Pandang pun diganti setiap pekannya. Nah, kebetulan saat perkenalan kemarin saya sudah mencicipi sajian kuliner khas Bali yang didalamnya terdiri dari Nasi Kecombrang, Lawar kacang panjang, Telor godog cabai ijo, Nyat-nyatan ayam, Ikan bakar Jimbaran, serta sate lilit yang menjadi salah satu kuliner favorit saya.

Beberapa Menu Masakan Bali dalam Paket Selayang Pandang, Ada Telor Godog Ijo, Kering Tempe, dan Sate Lilit


Menu Nyat-nyatan Ayam yang rasanya istimewa


Aneka hidangan menggugah selera diatas semuanya saya libas habis sambil menikmati dekorasi ruangan yang syarat akan budaya jawa. Selain itu, ada juga makanan penutup berupa buah-buahan, jajanan pasar, dan Es melon selasih yang segernya bikin nagih.

Sekedar informasi, meski tema utamanya mengangkat masakan khas Bali pihak Sekar Kedhaton Resto sendiri mengaku kalau bahan-bahan yang digunakan dimasak dengan cara yang halal tanpa menggunakan daging babi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat mengajak keluarga ataupun rekan kerja untuk bersantap malam di restoran yang sudah berdiri sejak 13 tahun silam ini.

Ikan Bakar Jimbaran


Kalau Anda punya rencana untuk berwisata kuliner di Jogja, pastikan untuk memasukkan restoran otentik ini ke dalam bucket list. Pasalnya, selain bakal disuguhkan oleh berbagai menu hidangan tradisional yang menggugah selera, arsitektur bangunannya juga sangat menarik untuk memperkaya feed akun sosial media Anda. Bagaimana? tertarik untuk berkujung ke tempat ini?

Sebagai informasi, menu "Selayang Pandang" dari Sekar Kedhaton Resto inI hanya tersedia pada hari Sabtu malam selama bulan November ini. Untuk harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp119 ribu + /pax dengan promo tambahan berupa diskon 30 persen bagi pengunjung ber-KTP Daerah Istimewa Yogyakarta. Menarik bukan?

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email