Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Cat Tembok Terbaik Untuk Rumah



CAHYOGYA.COM - Setiap kali akan membangun rumah, diperlukan adanya perencanaan yang matang seperti mengukur jumlah ruang, dimensi dan lain sebagainya. Termasuk juga dalam memilih bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membangun rumah tersebut, material, dan lain sebagainya. Selain itu, pertimbangan lain yang harus dipikirkan matang adalah tentang warna cat tembok pada rumah.

Jenis Cat Tembok Terbaik Untuk Rumah

Beberapa Jenis Cat Tembok Terbaik untuk Rumah

Warna cat rumah menentukan akan seperti apa rumah yang ingin Anda bangun. Rumah dapat disulap menjadi mewah, punya suasana yang tenang, atau konsep-konsep lainnya bisa dilihat dari bagaimana perpaduan cat pada temboknya. Tidak sampai situ, pemilihan jenis cat dinding yang pas tentu juga menjadi sesuatu yang tidak kalah penting agar tidak salah kaprah dalam menentukan pilihan.

Menurut jenisnya cat dinding dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan letak pengecatan. Dibagi lagi menjadi dua yaitu bagian dalam rumah atau interior dan bagian luar rumah atau eksterior. Kedua adalah bahan pencair, dibagi menjadi cat yang memiliki bahan dasar minyak dan cat yang mempunyai bahan dasar air. Berikut adalah jenis-jenis cat tembok yang dapat dijadikan referensi. Mari disimak!

1. Cat Dinding Tipe Matte atau Flat

Cat ini punya kekhasan tersendiri yaitu rendah dalam tingkat kilaunya. Disebut juga dengan cat matte, jenis cat ini dapat digunakan sebagai tambalan plaster di dinding yang tidak rapi, contohnya apabila ada retakan kecil atau tonjolan. Aplikasinya bisa dipakai untuk permukaan dinding yang bertekstur. Hal ini disebabkan karena mempunyai warna yang halus serta dinding kasar. Hal yang penting dari cat jenis ini adalah kesulitan dalam membersihkannya, jadi sebisa mungkin hindari dipakai untuk kamar mandi atau dapur.

2. Cat Dinding Tipe Egg Shell

Cat tembok jenis ini punya tampilan yang unik, sesuai dengan namanya yaitu mirip dengan kulit telur. Walaupun mempunyai permukaan yang bertekstur, jika cat ini disentuh maka akan tetap halus. Tidak seperti cat tipe matte yang telah dijelaskan di atas, cat tipe ini tidak sulit dibersihkan serta tidak kilau atau memantulkan sinar matahari. Sangat pas apabila cat ini dipakai untuk kamar tidur, ruang keluar, serta lain-lain.

3. Cat Dinding Tipe Satin

Cukup terlihat mewah walaupun tidak glossy serta tidak seperti matte yang sangat gampang melekat. Cat tembok jenis ini mempunyai tekstur yang lembut apabila dipegang dengan tangan. Cat jenis satin seringkali ditemui di restoran-restoran atau ruang galeri. Hal ini disebabkan karena cat jenis ini sama sekali tidak memantulkan cahaya serta punya efek teduh. Selain itu keunggulan lainnya yaitu sangat mudah dibersihkan. Untuk itu cat jenis ini juga cocok digunakan pada ruangan-ruangan yang membutuhkan banyak aktivitas seperti ruang tamu ataupun juga ruang tidur.

4. Cat Dinding Tipe Glossy

Cat ini mempunyai kemampuan untuk memantulkan cahaya yang lebih banyak daripada jenis cat lain. Sangat cocok digunakan untuk jendela atau juga pinggir pintu. Punya warna yang berkilau serta sangat kuat. Apabila cat tembok ini diterapkan pada sebuah ruangan, hasilnya akan sangat mewah dan juga glamor.

5. Cat Dinding Tipe Semi Gloss

Cat ini lebih tajam dari eggshell, hal ini membuatnya punya daya tahan warna yang bagus. Namun kekurangannya adalah sangat mudah dipantulkan oleh cahaya matahari. Cat ini sangat cocok apabila digunakan untuk gudang, ruang cuci, kamar mandi, serta bisa juga perabot rumah contohnya jendela serta pintu.

Demikianlah beberapa jenis cat tembok terbaik untuk rumah yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih. Apalagi Anda masih bingung, silahkan kunjungi asianpaints.co.id agar mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lengkap.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja