Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencerna 4 Pilar MPR RI Demi Masa Depan Negara yang Lebih Baik



CAHYOGYA.COM - Sosialisasi 4 pilar MPR RI saat ini sedang gencar dilakukan. Target program sosialisasi ini adalah generasi muda mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas lainnya. Kita tahu bahwa generasi muda menjadi pilar bagi pertumbuhan sebuah negara. Jika generasi mudanya kuat serta berpegang teguh pada prinsip bernegara maka Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan bermartabat yang disegani dunia.


MPR RI kini tengah gencar melakukan sosialisasi agar seluruh masyarakat mengetahui dan paham apa saja yang bisa dijadikan acuan dalam kehidupan bernegara ini. Apalagi sekarang persatuan negara Republik Indonesia semakin terancam dengan munculnya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja memicu konflik untuk menyebabkan perpecahan bangsa kita.

Jika setiap orang di negara ini memegang teguh prinsip-prinsip bernegara yang baik maka bisa dipastikan tidak akan ada yang terpancing dan tidak akan ada potensi perpecahan di negara kita ini. Lebih dari itu, kita semua juga tahu bahwa sebentar lagi akan memasuki masa pemilihan umum dimana sangat rawan terjadi perpecahan. Karena itulah sosialisasi 4 pilar MPR RI ini sangat perlu dilakukan agar warga tetap bersatu dan tidak terjadi perpecahan.

4 Pilar yang Menjadi Acuan

Indonesia akan menjadi negara kuat jika warga yang ada di dalamnya bersatu padu dan tidak mudah dipecah belah. Untuk memberikan kekuatan bagi setiap warga, ada 4 pilar yang harus dijadikan acuan dalam kehidupan bernegara. Setiap warga bisa berpegang teguh pada 4 pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD RI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Apa memangnya yang bisa kita dapatkan dari ke-4 pilar ini? Berikut akan saya coba bahas satu per satu 4 pilar penting yang harus dipegang teguh oleh setiap warga Indonesia :

1. Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Setiap negara memiliki dasar yang menjadi acuan untuk melakukan segala tindakan yang berhubungan dengan keberlangsungan sebuah negara. Pancasila juga menjadi dasar bagi setiap warga untuk berhubungan dengan warga lainnya. Setiap poin dalam Pancasila harus dicermati dan dipahami demi mewujudkan bangsa yang kuat dan bermartabat. Jika nilai-nilai Pancasila benar-benar diresapi, rasanya tidak akan ada polemik antar umat beragama ataupun penyampaian pendapat yang tidak sesuai pada tempatnya

2. UUD RI Tahun 1945

UUD RI tahun 1945 menjadi panduan bagi kita semua dalam hidup bernegara. Di dalam UUD terdapat peraturan lengkap dari berbagai aspek yang akan menjadi panduan bagi kita semua warga Indonesia. Sedini mungkin, warga Indonesia harus memahami UUD RI 1945 agar tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan dalam UUD.

3. NKRI

NKRI adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan memahami makna dari NKRI ini kita tahu bahwa negara kita adalah negara kesatuan. Artinya, negara kita memang terdiri dari banyak perbedaan namun tidak terpisahkan karena kita adalah sebuah kesatuan. Setiap warga negara harus memegang teguh makna NKRI ini di hati mereka masing-masing demi persatuan negara yang kokoh. Ide terkait mendirikan negara khilafah memang tidak salah, tapi itu tidak bisa diterapkan di Indonesia karena tidak sesuai dengan cita-cita yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa.

4. Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kita tahu bahwa Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak wilayah di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Setiap budaya, agama, bahasa, bersatu walaupun berbeda-beda. Jangan sampai menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk terpecah belah. Bodoh rasanya jika kita masih punya sifat rasis dan mementingkan golongan tertentu padahal disaat yang sama kita justru bisa bersatu padu dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Sosialisasi 4 pilar MPR RI ini memang sangat baik untuk dilakukan sedini mungkin. Terutama untuk generasi muda yang masih sangat labil menghadapi perbedaan dan mudah sekali dipecah belah. Semoga dengan memahami 4 pilar ini, kita bisa bertumbuh menjadi bangsa yang kokoh dan tidak terpecahkan.



Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja