Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Feng Shui Mengatur Posisi Kamar Mandi



CAHYOGYA.COM - Tahukah Anda dahulu tata letak dan letak kamar mandi selalu berada terpisah dari bangunan utama. Contohnya seperti pada masyarakat Jawa, yang biasanya membuat kamar mandi terpisah dari bangunan utama, dengan meletakkannya di bagian belakang atau samping rumah. Sama seperti masyarakat Tiongkok dimana kamar mandi atau WC diletakan di luar rumah, karena digunakan untuk sumber pupuk pertanian.


Berbicara mengenai posisi toilet pada hunian, berdasarkan kacamata feng shui ternyata letak toilet dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, keberuntungan atau keharmonisan si penghuni. Feng shui sendiri adalah ilmu topografi kuno dari Cina yang mencoba menyeimbangkan antara manusia, astronomi dan bumi.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk membeli rumah dijual, jangan lupa untuk memperhitungkan letak toilet dan berikut ini adalah tips feng shui mengatur posisi kamar mandi.

Jangan menempatkan posisi wc di atas ruang makan

Jangan pernah menempatkan posisi kamar mandi tepat berada di atas ruang makan, hal ini disebabkan karena energi Qi dari kamar mandi dapat memberikan efek tidak sehat di ruang makan di bawahnya, dampaknya akan mengganggu kesehatan penghuni rumah. Jika hal ini terlanjur terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan meninggikan plafon rumah atau jarak antara toilet dengan ruang makan, minimal 4 meter.

Jangan menempatkan posisi wc di atas dapur

Jangan menempatkan posisi toilet di atas dapur, dalam ilmu Feng Shui, dapur atau kompor melambangkan kekayaan keluarga dan unsurnya adalah api. Jika posisi kamar mandi diatas dapur dipercaya akan “memadamkan” rezeki si penghuni rumah. Jika hal ini terlanjur terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan memindahkan posisi kompor agar tidak segaris lurus dengan lubang toilet yang ada di lantai atasnya.

Posisi WC jangan di atas ranjang

Jangan menempatkan WC di tepat di atas ranjang, dalam bahasa Tiongkok, posisi ini biasa disebut sebagai ‘Lin Tou Shui’ kondisi ini dipercaya akan membuat kondisi kesehatan pemilik rumah memburuk.

Jika Anda sering menderita insomnia atau susah tidur, maka segera cek apakah terdapat kamar mandi dan WC yang tepat berada di belakang ranjang. Adanya pipa sanitasi tepat berada di belakang kepala ranjang bisa menyebabkan medan aura dari orang yang tidur akan terganggu. Perbaikannya adalah memindahkan ranjang ke posisi lain.

Posisi WC jangan di atas ruang tengah

Jangan menempatkan WC tepat di atas ruang tengah, karena hal ini akan mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Berdasarkan ilmu feng shui posisi tengah rumah dilambangkan dengan keutuhan, keakraban penghuni rumah, oleh sebab itu bila persis di bagian tengah rumah terdapat kamar mandi atau WC maka bisa menjadi sumber pertengkaran keluarga.

Perbaikan yang bisa dilakukan tidak ada cara lain, selain memindahkan ruang kamar mandi di sektor sekeliling rumah yang lain selama tidak terjadi pelanggaran dari pedoman yang telah kita pelajari diatas.


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja