Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Sabun Berdasarkan Jenis Kulit



CAHYOGYA.COM - Sabun anti bakteri dapat menjadi mempertimbangkan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit saat mandi. Apa lagi mandi ini umumnya dilakukan dua kali sehari. Ya, mandi merupakan aktivitas rutin yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Tak hanya bisa menjaga kebersihan diri, mandi merupakan upaya relaksasi pikiran yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan tampil wangi dan bersih. Namun, banyak orang acap salah memilih sabun mandi yang benar hingga berdampak pada masalah kulit.

Tips Memilih Sabun Berdasarkan Jenis Kulit

Pada dasarnya, setiap orang memiliki jenis kulit masing-masing yang wajib disesuaikan dengan sabun mandi terbaik. Memilih sabun mandi yang kurang tepat bisa berdampak pada kulit semakin kering, gatal hingga mengalami ruam kemerahan pada orang yang gampang iritasi atau memiliki jenis kulit sensitif. Lalu, bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat? Simak tips efektif memilih sabun berdasarkan jenis kulit berikut ini!

Jenis kulit kering

Jenis sabun yang direkomendasikan untuk kulit kering adalah sabun yang mengandung pelembab alami dan bebas pewangi atau alkohol. Sabun yang mengandung minyak matahari, cocoa butter dan minyak zaitun sangat disarankan.

Sabun yang mengandung detergen atau anti bakteri tidak disarankan sebab bisa mengurangi produksi minyak pada kulit Anda. Sebagai langkah memiliki kulit kering yang lembab dan terbebas dari kuman, Anda tetap bisa menggunakan sabun anti bakteri sesekali saat Anda merasa benar-benar kotor.

Jenis kulit berminyak

Memiliki jenis kulit berminyak memang rentan bermasalah sebab bakteri mudah sekali berkembang biak. Tak heran kalau orang yang memiliki jenis kulit berminyak gampang sekali berkeringat dan memicu aroma tak sedap. Sebaiknya Anda menggunakan jenis sabun yang anti bakteri namun berbahan lembut sebagai sabun mandi harian.

Sabun berbahan lembut seperti gliserin, gandum dan tidak mengandung bahan detergen sangat aman digunakan si kulit berminyak. Sabun yang mengandung bahan anti bakteri bisa mengatasi peradangan akibat jerawat yang muncul pada kulit berminyak di berbagai area seperti punggung dan lengan atas.

Jenis kulit sensitive

Pemilik kulit sensitif wajib menggunakan jenis sabun mandi yang memiliki pH seimbang dan bebas dari detergen. Ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan jenis sabun yang tepat agar tidak menimbulkan masalah iritasi kemudian hari.

Jenis kulit kombinasi

Kulit normal kombinasi bisa dilihat dari ciri tertentu yaitu kulit terasa bersisik, kering dan mudah teriritasi pada bagian tertentu sedangkan bagian lain gampang sekali berminyak. Anda memerlukan jenis sabun yang berbeda-beda agar bisa menjaga kelembaban kulit secara maksimal. Anda butuh jenis sabun yang mengandung pelembab pada area kulit yang kering dan menggunakan sabun pembersih mengandung benzoyl peroxide pada area yang berminyak.

Jenis kulit normal

Pemilik kulit normal wajib bersyukur sebab ia bisa menggunakan jenis sabun apa saja. Anda bisa memilih sabun batangan, shower gel, body wash dan lain-lain.

Menggunakan jenis sabun yang benar akan mendukung kesehatan kulit Anda. Sabun anti bakteri bisa digunakan sebagai pilihan sabun mandi atau sabun cuci tangan yang efektif membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Jaga kebersihan diri sendiri dengan mandi minimal dua kali ya!


Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja