Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Keperluan Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui



CAHYOGYA.COM - Keperluan bayi baru lahir lengkap sangat penting dan para calon orang tua wajib mengetahuinya. Keperluan yang disiapkan juga tidak sembarangan, harus nyaman,aman, dan sehat.

10 Keperluan Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui

Kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga merupakan dambaan semua orang tua yang baru menikah. Sosok mungil dan lucu menjadi anugerah yang sangat indah dan berharga.

Selain rasa bahagia yang dirasakan, namun terdapat tugas yang harus dilakukan oleh calon orang tua untuk mempersiapkan kedatangan buah hati. Berbagai keperluan bayi baru lahir yang penting juga wajib dipersiapkan dan pastinya keperluan-keperluan tersebut membutuhkan perlakuan khusus.

Berikut terdapat 10 daftar keperluan bayi baru lahir yang wajib diketahui oleh calon orang tua.

1. Bib dan pakaian bayi

Siapkan bib dan pakaian bayi sebanyak mungkin. Bayi yang baru lahir masih sering ngompol dan memerlukan banyak pakaian. Bib bermanfaat untuk bayi saat minum susu ataupun saat makan, agar noda tidak mengotori baju. Bib dan pakaian baju usahakan dari bahan yang lembut agar aman bagi bayi.

Terutama untuk pakaian bayi, bahan yang digunakan harus lembut dan menyerap keringat. Bahan tersebut sangat penting bagi bayi karena kulitnya masih sensitif dan memerlukan bahan yang aman.

2. Popok bayi

Pakailah popok bayi yang memiliki tekstur yang lembut dan mudah dilepas. Jangan lupa sediakan krim popok yang tidak mengandung alergi bagi bayi. Pemakaian krim, apabila kulit bayi merah akibat popok. Apabila popok bayi sudah terasa penuh dengan pipis bayi, segera diganti.

3. Gendong bayi atau stroller

Apabila berpergian perlu menggunakan stroller, agar praktis dan bisa didorong. Pilihlah stroller yang kuat dan ada tudungnya. Selain itu apabila ingin menggunakan gendong juga bisa, namun pastikan gendong yang dipakai memiliki standar keamanan dan kesehatan bagi bayi.

4. Selimut

Selimut sangat penting bagi bayi. Barang ini dapat melindungi bayi dari gigitan nyamuk ataupun hal lain. Selimut tidak hanya dipakai di rumah saja namun bisa juga dibawa kemana-mana karena untuk melindungi bayi. Pastikan memilih selimut bayi dari bahan yang lembut dan tidak menimbulkan alergi.

5. Botol susu dan dot bayi

Botol susu dan dot bayi wajib ada. Keduanya tidak hanya dipakai untuk bayi yang minum susu formula, namun berlaku juga untuk bayi yang minum asi karena botol susu digunakan untuk menyimpan asi yang sudah diperah.

6. Sabun dan shampo

Gunakan sabun dan shampo khusus bayi agar tidak perih di mata. Meskipun demikian, gunakan shampo dan sabun sedikit saja, karena pemakaian terlalu banyak tidak baik bagi kulit bayi.

7. Bak mandi

Bak mandi bayi di desain agar bayi tidak tenggelam, sesuaikan ukuran bak mandi dengan ukuran bayi. Desain ini bertujuan agar menjaga keamanan bayi karena tubuh bayi kecil dan masih rentan.

8. Handuk bayi

Pilihlah handuk bayi yang halus dan cepat meresap air. Handuk bayi yang memiliki tudung jauh lebih aman buat bayi dan dapat menutup seluruh permukaan tubuhnya. Jika tidak ada, bisa menggunakan handuk yang lembut dan panjang.

9. Tas bayi

Tas bayi digunakan untuk meletakkan perlatan bayi yang perlu dibawa saat bepergian. Pilihlah tas yang kuat dan besar sesuai kapasitas agar mudah dibawa. Tas bayi ini menjadi benda yang wajib dimiliki bagi Anda yang memiliki bayi, karena akan memudahkan membawa barang-barang.

10. Detergen bayi

Pilih detergen khusus untuk kulit sensitif. Detergen ini sudah dirancang dengan residu rendah sehingga tidak mengiritasi kulit bayi. Detergen yang dirancang untuk membuat pakaian bayi lebih lembut dan aman.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja