Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Jenis Probiotik Bakteri Penjaga Saluran Cerna



CAHYOGYA.COM - Sistem pencernaan merupakan sistem utama yang memiliki pengaruh besar pada kesehatan manusia. Dalam sistem pencernaan inilah berbagai zat makanan akan diolah dan diserap oleh tubuh, sehingga energi pun dimiliki oleh manusia. Oleh karenanya sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan pola makan serta jenis makanan yang akan kita konsumsi, agar nantinya tidak mempengaruhi sistem pencernaan dalam tubuh kita. Dalam memproses berbagai jenis makanan yang masuk, saluran cerna pada tubuh manusia ini bekerja dengan bantuan bakteri baik yang ada. Bakteri baik inilah yang biasa disebut dengan probiotik. Tugas utama dari probiotik ini adalah menyeimbangkan mikroorganisme yang terdapat dalam saluran cerna terutama pada bagian usus manusia.

Inilah Beberapa Jenis Probiotik Bakteri Penjaga Saluran Cerna

Sistem kerja dari probiotik ini adalah menekan tumbuhnya mikroorganisme yang dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh manusia dan membentuk antibody dalam tubuh, sehingga kesehatan sistem cerna terjaga, dan proses pengolahan makanan pun dapat berjalan dengan baik. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna ini sendiri, terdiri dari beberapa jenis dan memiliki fungsinya masing-masing.

Berikut ini beberapa jenis probiotik untuk kesehatan saluran cerna, yang terdapat dalam tubuh manusia, diantaranya adalah:

• Lactobacillus, jenis probiotik ini memang sering kita dengar dimana olahan makanan hasil fermentasi biasanya akan mengandung bakteri baik yang satu ini. Fungsi utama dari bakteri baik yang satu ini adalah meringankan diare serta sebagai asupan pengganti bagi mereka yang memiliki permasalahan dengan laktosa serta gula yang terdapat dalam susu.

• Bifidocteria merupakan bakteri baik yang banyak terdapat dalam usus besar dan berfungsi meringankan adanya iritasi pada usus.

• Saccharomyces boulardii, merupakan bakteri yang ditemukan didalam ragi dan berfungsi untuk melawan diare dan masalah cerna lainnya.

Mengingat pentingnya bakteri baik tersebut diatas untuk kesehatan saluran cerna manusia, maka sudah selayaknya jika Anda memperhatikan pola konsumsi makanan yang memang mengandung bakteri tersebut. Makanan hasil fermentasi susu seperti yogurt, keju dan minuman probiotik lainnya merupakan makanan yang memang wajib disediakan, untuk menjaga kesehatan saluran cerna dalam tubuh kita.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja