Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Rangkaian Nama Bayi Beserta Artinya yang Terbaik



CAHYOGYA.COM - Kehadiran si buah hati menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi tiap keluarga. Nama bayi beserta artinya laki-laki maupun perempuan menjadi topik yang selalu hangat di antara kedua orang tua dalam penantian. Tentu para orang tua ingin memberikan nama yang terdengar baik sekaligus memiliki arti yang baik pula sebagai identitas yang melekat pada sang bayi sampai dia beranjak dewasa.

Tips Memilih Rangkaian Nama Bayi Beserta Artinya yang Terbaik

Cukup mudah sekaligus sulit untuk menentukan nama yang tepat dengan arti yang sesuai untuk menggambarkan harapan dan angan orang tua terhadap bayi dalam kandungan. Berbagai macam referensi dapat menjadi inspirasi bagi para orang tua untuk merangkai nama yang tepat untuk Si Buah Hati. Salah satu pertimbangan pertama pada umumnya adalah jenis kelamin bayi. Pemilihan nama bayi beserta artinya dapat disesuaikan dengan jenis kelamin calon bayi.

Dalam hal ini, banyak sumber yang bisa dijadikan pedoman untuk inspirasi pemilihan rangkaian nama. Kedua calon orang tua dapat mencari referensi dari kata-kata dalam bahasa asing, misalnya. Atau dapat pula meramu inspirasi dari tokoh-tokoh favorit baik nyata maupun fiksi yang dapat merangkum gambaran kedua orang tua terhadap calon bayi sesuai dengan sifat-sifat atau karakter dari tokoh tersebut yang menjadi panutan. Namun, nama bayi beserta artinya tidak selalu mengikuti jenis kelamin calon bayi. Banyak pula rangkaian nama yang bersifat uniseks atau dapat diberikan pada bayi perempuan maupun lelaki. Misalnya, orang tua dapat memilih nama dengan arti yang berfokus pada makna tersendiri seperti representasi dari momen spesial kedua orang tua semasa bulan madu atau bahkan genre musik kesukaan yang menginspirasi orang tua.

Salah satu pertimbangan lainnya adalah menyematkan nama keluarga seperti nama belakang calon ayah pada calon bayi. Dengan begitu, memilih nama depan anak dapat disuaikan dengan nama belakang anggota keluarga baik secara makna dari nama belakang anggota keluarga maupun padanan kata yang serasi dengan nama yang mengikutinya.

Sebagai alternatif lain kedua calon orang tua dapat mencari inspirasi nama bayi beserta artinya dengan menganut pada unsur-unsur alam seperti nama “Aidan” yang berarti “api” dalam Bahasa Gaelic, “Andhita” yang berarti “dewa air”, “Dallas” dimana meskipun nama ini jarang dipakai tetapi artinya cukup unik yaitu “padang rumput”,. Bisa juga dipakai nama “Yamanu” yang diambil dari nama “dewa angin”. Unsur-unsur alam tersebut juga dapat divariasikan dari bahasa aslinya.

Mengembangkan nama panggilan yang digemari juga dapat menjadi langkah awal inspirasi pengembangan nama anak dari Bahasa aslinya. Jika masih sulit memutuskan, calon orang tua dapat meminta pendapat anggota keluarga untuk ikut menyumbang inspirasi yang mengandung harapan bagi calon bayi.

Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan nama bayi beserta artinya untuk calon bayi. Inspirasi nama dapat saja muncul dari peristiwa-peristiwa sehari-hari selama penantian calon bayi. Mungkin saja nama bayi yang sudah ditentukan sebelumnya dapat berubah ketika calon ibu menjelang persalinan terkesan pada fenomena alam seperti pelangi, gerhana bulan, pemandangan di padang bunga, atau bintang jatuh.

Mungkin sang bayi lahir pada musim hujan yang sudah lama dinanti-nanti dan memberi berkah pada bumi, seperti kelahiran sang bayi yang memberi berkah pada keluarga. Atau wajah manis si bayi dirasa mirip dengan seseorang yang berkesan bagi kedua orang tua. Apapun makna yang hendak disematkan pada calon anak, tentu mengandung niat yang baik dari orang tua agar nama yang melekat pada anak dapat memberi makna yang baik pula terhadap kehadirannya di dunia.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja