Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencuci Pakaian Bayi



CAHYOGYA.COM - Anda dapat membaca artikel ini untuk mendapatkan berbagai tips dan edukasi mengenai produk terbaik bagi bayi anda.


Memiliki buah hati adalah dambaan orang tua, namun terkadang kerepotan serta penanganan bayi yang belum tepat menjadi momok tersendiri. Apalagi bagi Ibu muda yang baru saja melahirkan, sering merasa takut atau ragu dalam merawat bayi baru lahir.

Berikut ini beberapa tips mencuci pakaian bayi :

1. Cermati bahan baju bayi

Cermati lagi bahan-bahan baju yang hendak dicuci, beberapa jenis bahan baju bayi tidak dapat dicuci dengan mesin cuci. Sebaiknya sebelum membeli baju bayi, perhatikan tindakan perawatan yang diperlukan.

2. Pilih deterjen yang sesuai

Sebagian bayi membutuhkan deterjen khusus untuk mencuci pakaian yang mereka kenakan, terutama bayi yang memiliki kulit sensitif. Kulit bayi lebih sensitif sehingga lebih rentan untuk terkena masalah kulit, seperti alergi dan eksim.

Ketika ingin menggunakan deterjen untuk baju bayi lakukan uji coba pada satu baju terlebih dahulu untuk melihat jika ada reaksi pada kulit bayi. Sebaiknya hindari deterjen yang menggunakan bahan tambahan pelembut karena justru lebih berisiko menyebabkan iritasi pada kulit.

Anda dapat memilih deterjen cair dibandingkan yang berbentuk bubuk karena lebih mudah dibilas. Hal ini akan menurunkan risiko menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

3. Perhatikan suhu air

Baju bayi dapat dicuci dengan air hangat hingga panas, dengan suhu di antara 30-40 derajat Celcius. Tapi jika tidak memungkinkan, Anda tetap dapat menggunakan air dengan suhu normal.

4. Merendam baju

Baju bayi tidak terlepas dari noda. Mulai dari noda air susu, muntahan, ataupun urine dan kotoran Si Kecil. Cara paling mudah menghilangkan noda tersebut adalah segera mencucinya.

Namun, jika noda sudah terlanjur menempel, Anda dapat mencoba menghilangkannya dengan merendam di dalam air dan deterjen. Gunakan penghilang noda yang sebelumnya sudah dipastikan aman untuk baju bayi bila perlu.

Sebelum baju bayi digunakan, tentunya perlu dicuci dulu hingga bersih, agar debu atau bahan-bahan lain yang dapat mengganggu kulit bayi hilang. Agar bayi anda terhindar dari paparan kotoran ataupun kuman yang bersarang pada serat pakaian dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja