Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Resep Nasi Tim Ayam Menjadi Semakin Enak, Lezat dan Bergizi



CAHYOGYA.COM - Nasi tim saat ini semakin digemari masyarakat Indonesia. Hidangan khas Tionghoa yang kini dipadukan dengan selera masyarakat Indonesia ini memiliki beragam jenis, salah satunya nasi tim ayam. Namun terkadang ada yang tidak memperhatikan beberapa hal penting sehingga resep nasi tim ayam yang dihasilkan pun tidak menggugah selera. Membuat nasi tim ayam yang enak memang perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya nasi tim yang dihasilkan sesuai keinginan, apalagi untuk para pemula yang sedang belajar membuat nasi tim ayam ini. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait resep nasi tim ayam agar menjadi hidangan yang enak adalah sebagai berikut :

Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Resep Nasi Tim Ayam Menjadi Semakin Enak, Lezat dan Bergizi

1. Nasi yang digunakan

Sebagai salah satu bahan utama yang digunakan dalam membuat nasi tim ini, nasi memiliki peran yang penting sehingga disesuaikan dengan selera yang diinginkan.

Bagi Anda yang menyukai nasi dengan rasa yang kenyal, bisa menggunakan beras pulut. Selain itu, bagi yang menyukai beras merah juga dapat menggunakannya untuk bahan utama nasi tim karena beras merah ini kaya akan kandungan gizi didalamnya.

2. Bumbu

Untuk menghasilkan resep nasi tim ayam yang enak, tentunya membutuhkan bumbu-bumbu yang disajikan dengan porsi yang pas dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu diketahui, penambahan jahe cincang atau irisan jahe pada bumbu yang akan digunakan untuk membuat nasi tim ayam ini mampu memberikan aroma yang khas dan pastinya akan menambah cita rasa legit pada masakan, sehingga akan menghasilkan nasi tim yang gurih dan lezat.

Selain itu alangkah baiknya menggunakan kecap asin dan minyak wijen yang dapat menambah rasa spesial pada nasi tim yang dibuat.

3. Kaldu yang digunakan

Kaldu dalam nasi tim pada dasarnya bukan hanya sekadar memberikan rasa. Lebih dari itu selain menambah cita rasa dan aroma, kaldu ini juga bagus untuk tubuh.

Kaldu ayam memiliki fungsi sebagai antibodi tubuh. Maka diperlukan ayam yang berkualitas bagus untuk membuat kaldu ayam yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang cukup.

4. Proses pembuatan

Pada saat pembuatan nasi tim ayam ini mungkin banyak yang merasa telah melakukan hal yang tepat namun tetap saja masih menghasilkan masakan yang tidak sesuai harapan.

Hal ini karena bisa saja dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya air kaldu yang digunakan. Penggunaan air kaldu ini juga bisa disesuaikan dengan sifat atau tekstur nasi yang digunakan. Jika nasi yang digunakan memiliki tekstur yang keras, sebaiknya air kaldu yang digunakan sedikit dilebihkan, begitupun sebaliknya. Pada dasarnya tergantung dari masing-masing dan jenis nasi yang digunakan juga.

Perlu diketahui juga, biasanya ini sering dilakukan banyak orang, yakni ketika menumis daging yang akan digunakan agar menyisakan kuah yang nantinya bisa dicampurkan pada nasi. Tentunya akan menambah cita rasa dan aroma serta warna yang agak kecoklatan.

Hal lainnya adalah waktu pengukusan. Biasanya tergantung dari jenis nasi yang digunakan, namun untuk standar normalnya biasanya berkisar 45 menit-an.

5. Penyajian

Untuk penyajiannya sendiri biasanya nasi tim ini disajikan dalam keadaan hangat. Untuk itu alangkah baiknya agar menjaga kondisi nasi tim tetap hangat dengan membiarkannya di atas kukusan agar terjaga cita rasa dan aromanya.

Dan yang perlu diperhatikan lagi, ketika penyajian biasanya nasi dicetak dengan mangkok dan sejenisnya. Yang perlu dihindari adalah sebaiknya tidak memadatkan nasi yang dicetak karena nanti akan membuat nasi menjadi mengeras sehingga cukup diratakan pada mangkok yang akan digunakan untuk mencetak.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi perhatian ketika membuat nasi tim sehingga bisa menghasilkan resep nasi tim ayam yang enak dan pastinya tidak menghilangkan kandungan gizi didalamnya.


Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja