Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kredit Mobil Bekas Atau Tunai? Mana Yang Menguntungkan?



CAHYOGYA.COM - Kredit mobil bekas mungkin menjadi salah satu solusi terbaik bagi anda yang membutuhkan mobil namun memiliki budget yang terbatas. Apalagi kini mobil seakan sudah menjadi kebutuhan utama, apalagi bagi orang yang mempunyai mobilitas tinggi. Namun jika budget yang dimiliki terbatas maka tentu saja pilihan membeli mobil bekas tak jarang dipilih. Keduanya sama-sama memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Sehingga perlu perhitungan yang matang saat anda ingin memutuskan membeli mobil bekas secara kredit atau tunai.


Keuntungan Bayar Tunai Mobil Bekas

Saat membeli barang apapun secara tunai, tentu saja ini jauh lebih nyaman dibandingkan dengan membelinya secara kredit. Berikut ini beberapa keuntungan bagi anda yang ingin membeli mobil bekas dengan cara pembayaran tunai atau cash:

1. Lebih Hemat Dan Tanpa Bunga

Jika anda membeli mobil bekas, tentu nya anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan beli mobil baru. Dan tak hanya itu saja anda juga bisa berhemat jika membayarnya secara tunai, mengapa? Karena anda tidak perlu membayar bunga cicilan setiap bulannya. Saat kredit mobil bekas, tentunya anda harus mencicil biaya setiap bulannya termasuk bunganya. Jadi jika memang uang yang anda miliki sudah cukup, sebaiknya jatuhkan pilihan untuk pembayaran secara cash.

2. Bebas Beban Bulanan

Saat membeli mobil bekas secara tunai, maka setiap bulannya anda tidak memiliki beban yang dirasakan. Dibandingkan dengan kredit, dimana anda harus memikirkan cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Apalagi jika anda memiliki kebutuhan terdesak yang harus terpenuhi sehingga menyebabkan anda kesulitan saat membayar cicilan. Membeli mobil tunai memang terasa berat di awal saat mengumpulkan uang namun anda tak perlu lagi memikirkan cicilan setiap bulannya.

Kerugian Bayar Tunai Mobil Bekas

1. Siap Dengan Banyak Uang

Salah satu yang menyulitkan saat membeli mobil bekas secara tunai adalah anda harus terlebih dahulu menyiapkan uang dalam jumlah yang banyak. meskipun mobil bekas, namun tetap saja harganya masih mencapai puluhan hingga ratusan juta. Sehingga bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang tersebut.

2. Tidak Mendapat Asuransi

Kendala lainnya saat membeli mobil bekas secara tunai, maka biasanya tidak disertai dengan asuransi. Bahkan ini juga berlaku bagi mobil baru. Asuransi biasanya otomatis akan diberikan saat membeli secara kredit. Ini dilakukan agar memastikan pihak pembeli menjadi terhamin dan memastikan permasalahan yang bisa terjadi kedepannya akan ditanggung pihak asuransi.

Keuntungan Bayar Mobil Bekas Secara Kredit

Opsi ini mungkin sangat cocok jika anda ingin memiliki mobil namun uang yang dimiliki belum cukup. Ada beberapa keuntungan dari beli mobil bekas secara kredit yang perlu anda ketahui.

1. Mendapatkan Mobil Dengan Uang Terbatas

Hanya dengan uang terbatas, anda bisa membawa pulang mobil bekas yang anda inginkan. Dan inilah yang menajdi keuntungan tersendiri dari kredit mobil bekas. Anda hanya perlu membayar DP atau uang muka yang sudah disepakati dengan pihak dealer mobil.

2. Syaratnya Mudah

Jangan salah, kredit mobil bekas saat ini sangatlah mudah dilakukan. Bahkan persyaratan-persyaratan yang diajukan tidak sulit. Sebagai calon pembeli, anda hanya perlu untuk menyiapkan uang DP dan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti fotokopi KK, fotokopi KTP, rekening 3 bulan terakhir dan lainnya.

3. Mendapatkan Asuransi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kredit mobil bekas juga membantu anda untuk mendapatkan asuransi mobil langsung. biasanya pembeli akan diarahkan untuk langsung mengasuransikannya. Lebih praktis bukan?

Kerugian Bayar Kredit Mobil Bekas

1. Harganya Lebih Mahal

Jelas, membeli mobil secara bekas dengan kredit tentunya anda harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan membeli mobil baru. Mengapa? Karena ada bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya ke dalam cicilan. Bahkan jika dihitung-hitung harga yang dibayarkan bisa hampir sama dengan mobil yang baru.

2. Mobil Bisa Disita

Saat anda tidak mempu membayar cicilan bulanan yang sudah disepakati bersama, maka bukan tidak mungkin jika mobil tersebut bisa disita. Meskipun anda sudah membeli mobil tersebut, namun mobil belum sepenuhnya menjadi milik anda. Jika cicilan sampai tersendat, kemungkinan buruk yang bisa terjadu adala mobil akan disita petugas.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja