Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartphone Kamu Cepat Rusak? Yuk, Coba 4 Tips Ini!



CAHYOGYA.COM -  Di zaman modern ini siapa sih yang nggak kenal sama teknologi smartphone android. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semua sudah menikmati teknologi smartphone android saat ini. Namun, memang beberapa orang mahir mengoperasikan smartphone android tetapi tidak tahu cara untuk merawatnya dengan baik agar awet dan tahan lama. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga ponsel tetap awet dan tahan lama. Penasaran? Check this out!


1. Lapisi layar dengan screen protector


Sumber : ngintiphp.blogspot.com

Tak banyak pengguna smartphone care dengan ponsel mereka dan tidak memberikan pelindung layar. Melindungi layar dengan lapisan protector padahal sangat penting untuk mencegah screen atau layar terlindungi ketika ponsel terjatuh. Terutama pada smartphone yang tidak memiliki pelindung layar dari pabriknya.

Tidak hanya itu, melapisi layar dengan screen protector juga bisa membuat ponsel lebih terlindungi dari goresan kuku maupun tangan. Untuk melindunginya kami sarankan menggunakan screen protector yang berbahan tempered glass. Tempered glass merupakan sebuah pelindung layar yang terbuat dari kaca sehingga layar ponsel kamu akan terlindungi dari goresan, ketika terkena bara api rokok, dan terlindungi ketika jatuh.

2. Protector body


Sumber : jualcasinghp.com

Yang kedua selain untuk pelindung layar kamu juga perlu melindungi body ponsel. Tak jarang ketika kamu sedang berjalan maupun bekerja tiba-tiba ponsel terjatuh, sehingga hal ini bisa membuat body ponsel tergores bahkan bisa retak. Tetapi semua itu bisa kamu hindari dengan cara memberikan ponsel sebuah body protector. Ada dua jenis ponsel protector yakni, hardcase dan softcase.

Hardcase merupakan pelindung body ponsel yang memiliki bahan kaku, kokoh dan terbuat dari material yang bisa menghantarkan suhu panas pada ponsel. Sedangkan softcase memiliki bahan yang lunak, biasanya terbuat dari silikon dan tidak bisa menghantarkan panas ponsel. Untuk body protector kami sarankan memilih hardcase. Dengan menggunakan hardcase ponsel kamu akan menjadi lebih kokoh dan kuat ketika terjatuh maupun terbanting.

Oh iya, buat kamu yang memang saat ini masih bingung ingin membeli hardcase atau softcase. Tenang, karena kali ini kamu bisa membeli softcase dan hardcase hp terlengkap secara online marketplace di Indonesia.

3. Hindari mengisi daya baterai sambil bermain game


Sumber : c.mi.com

Memang hal seperti ini sepele, tetapi juga bisa merupakan sesuatu yang berakibat fatal untuk baterai smartphone. Kebiasaan bermain game sambil mengisi daya baterai akan mengakibatkan baterai ponsel menjadi tidak awet dan cepat habis bahkan bisa rusak. Hal ini terjadi karena ketika bermain game sambil mengisi baterai beban yang didapatkannya semakin besar dengan menjalankan sebuah aplikasi yang berat. Tak heran jika baterai akan menggelembung dan tidak awet. Lebih bahayanya lagi hal ini bisa mengakibatkan ponsel terbakar bahkan meledak. Oleh sebab itu alangkah baiknya mengisi daya ponsel sampai penuh dulu, lalu setelah itu kamu bisa menggunakannya untuk bermain game.

4. Hapus widget yang tidak diperlukan


Sumber : caradasar.com

Selain merawat hardware ponsel, kamu juga perlu memperhatikan sistem software pada ponsel juga supaya smartphone tetap awet. Berbeda dengan hardware yang perlu kamu perhatikan, perawatan pada software hanya perlu menghapus sebuah aplikasi maupun widget yang tidak penting dan jarang digunakan. Karena dengan terlalu banyaknya aplikasi maupun widget pada smartphone akan membuat sistem kerja RAM menjadi tidak prima lagi dan kinerjanya akan menurun. Sehingga smartphone kamu akan mengalami lag ketika digunakan, ponsel cepat panas, bahkan bisa berakibat bootloop atau ponsel tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Nah, itulah beberapa hal sepele yang bisa berakibat fatal pada smartphone kesayangan kamu. Jangan lupa di coba ya, guys! Saya sendiri sudah mempraktekkannya di varian ASUS ZenFone Max Pro M1 yang sempat masuk dapur review beberapa bulan yang lalu.

Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja