Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik



CAHYOGYA.COM - Setiap orang tua yang memiliki anak pasti akan mengeluarkan dana untuk biaya pendidikan anak. Merencanakan pendidikan anak yang terbaik tanpa dibarengi dengan menyiapkan dananya sama saja tidak menyiapkan apapun. Anak butuh dana untuk mengenyam pendidikan. Orang tua bisa memilih mengumpulkannya sendiri atau ikut asuransi pendidikan anak terbaik. Memilih asuransi pendidikan untuk anak juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah tips memilih asuransi pendidikan anak terbaik :


1. Buat rencana pendidikan untuk anak

Sebelum memilih asuransi pendidikan untuk anak, orang tua harus merencanakan dulu pendidikan yang akan diberikan untuk anak. Misalnya seperti pendidikan anak dimulai dari jenjang apa, apakah PAUD atau kelompok belajar? Jurusan apa yang akan diambil di perguruan tinggi? Apakah akan masuk ke PTN, PTS, atau bahkan universitas di luar negeri?

Hal-hal detail tersebut harus Anda rencanakan sebelum memilih produk asuransi. Rencana biaya yang dibutuhkan untuk menyekolahkan anak di sekolah favorit bertaraf internasional tentu akan berbeda dengan biaya yang dibutuhkan untuk bersekolah di sekolah favorit negeri.

2. Lakukan riset mengenai biaya pendidikan yang dibutuhkan

Jika Anda sebagai orang tua sudah merencanakan pendidikan yang akan ditempuh sang anak, saatnya mencari tahu biaya yang dibutuhkan. Biaya sekolah saat ini bisa menjadi gambaran biaya sekolah di masa yang akan datang.

Jangan lupa, biaya sekolah tidak hanya meliputi SPP bulanan. Ada biaya-biaya di luar SPP yang jumlahnya tidak kecil, seperti biaya seragam, buku-buku, bimbel, alat tulis, uang saku, uang transport.

Setiap tahunnya, biaya pendidikan di Indonesia meningkat sebesar 15%. Anda bisa menghitungnya sendiri perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan anak beberapa tahun mendatang. Nominalnya akan berbeda jika Anda ingin anak Anda mengenyam pendidikan di luar negeri. Daripada Anda bingung menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan, Anda bisa menyerahkan hal ini pada agen asuransi.

3. Pilih perusahaan asuransi terpercaya

Saatnya Anda memilih perusahaan asuransi pendidikan anak terbaik. Kredibilitas suatu perusahaan asuransi bisa dilihat dari segi aset, liabilitas, dan kualitas tenaga kerja. Aset dan liabilitas menunjukkan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki kekuatan keuangan yang baik. Anda sebagai calon nasabah bisa melihatnya di laporan neraca keuangan perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda semakin dimudahkan karena bisa mencari informasi terkait perusahaan dan produk asuransi pendidikan anak melalui internet. Semua informasi yang Anda butuhkan ada di sana, mulai dari premi yang harus dibayarkan hingga syarat dan ketentuan asuransi.

4. Sesuaikan rencana pendidikan dengan kemampuan finansial

Memilih perusahaan pendidikan anak terbaik harus disesuaikan dengan kemampuan finansial orang tua. Boleh saja memiliki cita-cita untuk menyekolahkan anak sampai ke luar negeri, tapi Anda harus realistis dengan kondisi finansial. Jangan sampai Anda mengorbankan biaya yang lain demi mengakomodasi biaya pendidikan anak ke luar negeri.

Untuk itulah pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak sejak jauh-jauh hari. Bahkan ketika Anda baru menikah atau baru merencanakan punya anak.

Nah, itulah empat tips memilih asuransi pendidikan anak terbaik. Banyak orang tua yang belum siap dengan dana pendidikan anak. Mereka bahkan belum merencanakan pendidikan anak. Alasannya beragam. Tapi apapun itu, tidak membenarkan tindakan menunda untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Kalau Anda ingin agar anak menempuh pendidikan hingga ke luar negeri, Anda bisa memilih asuransi pendidikan dari HSBC. Ada beberapa negara yang bisa Anda pilih, seperti Australia, Amerika, Perancis, Inggris, dan Singapura. Segala persiapan dihitung secara mendetail, mulai dari persiapan keberangkatan hingga biaya hidup selama di luar negeri. Anda bisa mempercayakannya kepada asuransi pendidikan anak dari HSBC.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja