Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemeriahan Acara Penutupan OSN 2019 Tingkat SMP di Yogyakarta



CAHYOGYA.COM - Suasana parkir tamu Hotel Alana Yogyakarta sudah penuh sesak diisi kendaraan roda dua pada Jumat siang, 5 Juli 2019. Saya yang meluncur ke lokasi setelah sholat Jumat di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada ternyata kalah tangkas dengan rombongan wartawan, guru pendamping, maupun para orang tua yang ingin menyaksikan langsung acara penutupan dan penganugerahan medali Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SMP yang tahun ini memang berkesempatan di gelar di kota pelajar.


Olimpiade Sains Nasional atau lebih sering disebut sebagai OSN sukses diselenggarakan di Manado dan Yogyakarta pada tanggal 30 Juni sampai 6 Juli 2019 lalu, dengan mengangkat tema "Mencintai Sains Mengukir Masa Depan". Adapun pembagian venuenya sendiri meliputi OSN tingkat SD dan OSN tingkat SMP di Yogyakarta, sedangkan OSN tingkat SMA berlangsung di Manado, Sulawesi Utara. Olimpiade Sains Nasional sejatinya merupakan salah satu wadah bagi peserta didik untuk berkompetisi meraih prestasi tingkat nasional sebelum nantinya bakal dibina lebih lanjut untuk bertanding di kancah internasional.


Maka dari itu, tak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa kehadiran Olimpiade Sains Nasional mulai dari penyelenggaraan tingkat daerah hingga tingkat nasional terbukti mampu mendorong semangat lahirnya generasi potensial, khususnya di bidang IPA dan Matematika.

Bicara soal olimpiade tentu tidak bisa dipisahkan dari panasnya atmosfir persaingan antar peserta di sepanjang acara, namun uniknya dalam acara penutupan OSN 2019 tingkat SMP kali ini hal tersebut sudah tidak dirasakan lagi. Pasalnya, siang itu sekitar 400-an pelajar SMP dari berbagai provinsi se-Indonesia tampak saling berbaur bersama dalam suka cita meskipun mereka tau tidak semuanya bakal membawa pulang medali juara.


Di tengah panasnya terik kota Jogja, setidaknya ada 15 medali emas, 30 medali perak, dan 45 medali perunggu yang akan dibagikan dalam kategori bidang Matematika, IPA, dan IPS. Selain itu, adapula pengumuman peraih title best experiment dan best theory yang masing-masing mendapat jatah satu medali khusus untuk bidang IPA.

Tak sabar dengan pengumuman peraih juara OSN SMP 2019, saya pun langsung menuju ke Ballroom Hotel Alana sebagai tempat berlangsungnya acara penutupan sekaligus penganugerahan medali juara.

Ketika saya masuk, suasana Ballroom Hotel Alana sudah ramai dipenuhi para peserta dan orang tua yang sengaja berjejer di bagian belakang untuk mengabadikan momen-momen berharga. Beruntung di atas panggung masih kosong, tanda belum dimulainya acara.

Acara Penutupan OSN SMP 2019 di Hotel Alana Yogyakarta

Layaknya perlombaan pada umumnya, kemeriahan acara penutupan OSN 2019 tingkat SMP dimeriahkan oleh sejumlah atraksi dan hiburan. Kemudian disusul oleh pembacaan laporan kegiatan, baru akhirnya resmi ditutup dengan membaca Basmillah, oleh Bapak Didik Suhardi S.pd selaku Sekertaris Jenderal Kemendikbud.

Sebagai informasi, meski berbeda lokasi gelaran Olimpiade Sains Nasional tahun ini dibuka dan ditutup secara bersamaan lewat video streaming sehingga suasana kemeriahan di berbagai tempat tetap terjaga.

Pengumuman Juara OSN 2019 Tingkat SMP



Suasana meriah yang sebelumnya menyelimuti Ballroom Hotel Alana mendadak mulai berganti dengan rasa harap-harap cemas. Bagaimana tidak, momen pengumuman juara merupakan tahapan final untuk mengetahui apakah perjuangan mereka membuahkan hasil atau justru sebaliknya.

Pembacaan nama-nama peraih medali juara dimulai dari peringkat ketiga atau perunggu dari bidang Matematika, kemudian disusul oleh medali perunggu dari bidang IPA dan IPS. Selanjutnya secara berturut-turut dibacakan peraih medali perak dan emas dari masing-masing bidang. Berikut ringkasan tiga besar perolehan medali tiap-tiap provinsi.


Kendati perolehan medali masih didominasi oleh peserta dari pulau Jawa, namun semangat peserta dari luar pulau jawa dan daerah 3T terlihat tidak kalah antusias. Hal tersebut terbukti dengan raihan dua emas dan satu perunggu dari Provinsi Riau. Selain itu, ada juga perwakilan dari Lampung yang berhasil membawa pulang 2 perak dan 3 perunggu. Sementara salah satu perwakilan dari Kota Sorong, Papua Barat menggondol medali perunggu dari bidang studi IPS.

Untuk informasi lebih lanjut seputar gelaran OSN 2019 dan event-event pendidikan lainnya bisa langsung meluncur ke akun media sosial Dikdasmen Kemendikbud berikut ini:

Twitter : https://twitter.com/DikdasmenDikbud

Instagram: https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja