Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019, Ajang Promosi Keahlian SMK Siap Kerja



CAHYOGYA.COM - LKS SMK 2019 tingkat nasional kembali lagi dilangsungkan untuk ke-27 kalinya. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan atau Kemendikbud kembali sukses menggelar Lomba Kompetisi Siswa SMK 2019 yang berlangsung di Yogyakarta dengan menggelar sebanyak 32 kategori lomba. Acara yang diadakan pada tanggal 7-13 Juli 2019 ini diikuti oleh 759 peserta siswa SMK yang berasal dari 34 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia. LKS SMK Nasional 2019 ini diselenggarakan di beberapa tempat yang berbeda dan terpisah sesuai dengan kebutuhan serta keahlian, seperti di Fakultas Teknik UNY, Hotel Grand Dafam Rohan, dan Jogja Expo Center (JEC).


Melalui acara ini diharapkan nantinya dapat menunjukkan jika jenjang pendidikan SMK mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Jadi, dengan adanya kegiatan ini orang di luar sana bisa melihat bagaimana kualitas SMK. Pelajar SMK tak hanya diasah ketrampilan atau kemampuannya saja, namun dalam perlombaan ini pun mereka harus bisa menunjukkan kelebihan yang dimiliki. Tujuannya tak lain agar bisa meningkatkan daya saing anak sehingga mempunyai jiwa yang disiplin, jujur, dan tangguh. Setiap bidang yang diperlombakan di kompetisi LKS SMK 2019 ini mengalami peningkatan jumlah peserta. Bahkan peserta yang mengikutinya meningkat hingga 30% dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. Dapat dilihat bagaimana antusias siswa SMK dalam menyambut Lomba Kompetisi Siswa SMK Nasional.

Berbagai Acara Hiburan Yang Menarik


Sebelum perlombaan dimulai pada tanggal 7-13 Juli 2019, pada hari Selasa 7 Juli 2019 panitia Lomba Kompetisi Siswa SMK 2019 ini menyuguhkan berbagai acara hiburan yang menarik. Mulai dari acara pembukaan yang diisi dengan tari-tarian serta lagu-lagu yang dipersembahkan dari SMK 2 Kasihan. Belum lagi ada penampilan spesial yang memukau dari Brisia Jody, salah satu Jebolan Indonesian Idol. Dan tak hanya itu saja, terdapat sejumlah booth yang diperuntukkan bagi pelajar SMK serta pengunjung yang pastinya menguntungkan. Booth-booth tersebut menawarkan berbagai macam produk-produk lokal yang khas dari masing-masing provinsi di Indonesia. salah satu yang menarik adalah kehadiran kegiatan pendukung berupa Job Matching. Job Matching menjadi tempat bertemunya para lulusan SMK yang sedang mencari kerja dengan dunia industri dan usaha. Total terdapat 60 industri yang siap berbagi informasi-informasi lowongan pekerjaan dengan para pencari kerja. Jadi, disini anda bisa melakukan interview kerja, mengisi formulir lamaran kerja, bahkan ada pula yang di test langsung oleh perusahaan.

SMK Semakin Dilirik Perusahaan

Kini SMK menjadi sekolah yang cukup dilirik dan diincar dalam dunia industri dan usaha. alasannya tentu saja karena lulusan SMK mempunyai keahlian pada masing-masing bidang yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Karena itulah dibutuhkan pondasi pendidikan yang kuat sehingga mampu mencetak Sumber Daya Manusia dengan komptensi yang tinggi, yang mana bisa berperan penting di dalam perkembangan ekosistem industri di Indonesia.

Banyak Perusahaan Yang Ikut Berkontribusi

Tak hanya pihak panitia dan siswa-siswa SMK saja yang berkontribusi di dalam Lomba Kompetisi Siswa SMK Nasional 2019. Namun banyak perusahaan yang turut berkontribusi dalam perlombaan ini. Seperti misalnya PT Kawan Lama Sejahtera, yang menjadi distributor penyedia alat-alat industri teknik dan komersial yang sudah berpengalaman selama 64 tahun. Disini PT. Kawan Lama ikut menguji kompetensi peserta untuk 5 bidang lomba, antara lain seperti Automobile Technology, Welding, Metrology, CNC Turning, dan CNC Milling.


Sekedar informasi, kegiatan LKS SMK Nasional 2019 yang telah berlangsung pada tanggal 7-13 Juli ini sudah memiliki juara di masing-masing keahlian. Dan untuk juara umum dari LKS SMK 2019 ini adalah kontingen Jawa Tengah.


Sebagai pihak tuan rumah, kontingen D.I. Yogyakarta sendiri berhasil menyabet beberapa medali juara, salah satu di antaranya adalah Juara 3 untuk kategori Autobody Repair yang disabet siswa SMK Bambanglipuro. Adapun kegiatan Lomba Kompetensi Siswa 2019 ditutup secara meriah di Sleman City Hall dengan suguhan sendratari "Nyai Ahmad Dahlan", penampilan Fashion Show, serta apresiasi yang disampaikan oleh berbagai pihak terkait.


Jika Anda penasaran tentang event ini bisa langsung menuju ke media sosial Dikdasmen Kemendikbud berikut ini:




Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja