Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RS Premier Bintaro: Tips Memilih Rumah Sakit yang Tepat untuk Berobat



CAHYOGYA.COM - Rumah sakit merupakan tempat yang banyak dituju oleh orang-orang untuk berobat. Di Indonesia sendiri keberadaan rumah sakit terbilang mudah untuk ditemukan, terutama untuk di kota-kota besar. Mulai dari rumah sakit pemerintah hingga rumah sakit yang didirikan oleh swasta. Masing-masing menawarkan layanan jasa kesehatan kepada pasien dengan keunggulan layanan dan fasilitas yang berbeda-beda. Banyak rumah sakit unggulan di Indonesia yang memang terbaik dalam hal pelayanan maupun fasilitas yang lengkap. Seperti contohnya pada RS Premier Bintaro.


Dalam memilih rumah sakit, masing-masing pasien tentu memiliki alasan tersendiri. Ada yang memilih rumah sakit pilihan berdasarkan lokasinya yang dekat dari rumah, permasalahan harga dan jasa pelayanan, atas dasar rujukan dari teman atau karena merupakan tempat berobat turun temurun, rekomendasi dari saudara atau teman karena mutu pelayanan dan ketersediaan fasilitas yang lengkap, adanya dokter tertentu atau layanan tertentu, dan karena alasan yang masih banyak lagi.

Namun ada dua hal lagi alasan yang menjadi pertimbangan sulit dalam memilih rumah sakit yang sulit untuk dihindari. Yaitu karena adanya rujukan dokter yang akan merawat, atau karena rumah sakit tersebut merupakan layanan kesehatan yang mendapat tanggungan dari asuransi kesehatannya. Lokasi memang sering menjadi alasan seseorang dalam berobat ke rumah sakit yang bersangkutan, terutama jika menghadapi kasus emergency, seperti mengalami luka-luka karena kecelakaan lalu lintas, atau kejadian urgent lainnya, sehingga agar korban segera mendapatkan perawatan segera, maka dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Berbeda lagi dengan alasan berobat ke rumah sakit yang dialami masyarakat kurang mampu. Tentu rumah sakit pemerintah menjadi pilihan terbaik untuk berobat gar memperoleh kemudahan dari sisi biaya. Terlebih sekarang ini pemerintah mulai banyak mensosialisasikan program-program yang bertujuan untuk pembiayaan rakyat dalam memperoleh kesehatan dengan optimal. Berbeda lagi untuk pasien yang menderita penyakit serius dan harus mendapatkan penanganan terbaik dan khusus, maka rumah sakit unggulan seperti RS Premier Bintaro menjadi salah satu tempat referensi untuk berobat.

Memang masing-masing pasien memiliki alasan tersendiri dalam memilih rumah sakit yang dituju. Namun ada baiknya dalam memilih rumah sakit demi berobat untuk mendapatkan kesembuhan Anda benar-benar melakukan pertimbangan dengan baik. Karena hal ini juga demi kebaikan Anda sendiri. Nah, dalam memilih rumah sakit untuk berobat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Lihat daftar layanan pada rumah sakit

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menanyakan pada rumah sakit yang bersangkutan di bagian informasi atau pendaftaran pasien. Biasanya rumah sakit sudah menyediakan brosur atau leaflet yang berisi layanan dan fasilitas yang dimiliki.

2. Peralatan yang tersedia

Ketersediaan peralatan penting sekali karena berhubungan dengan pengobatan. Untuk itu tanyakan ketersediaan peralatan pada rumah sakit yang bersangkutan. Rumah sakit yang memiliki dukungan peralatan yang lengkap tentu akan lebih maksimal dalam pengobatan.

3. Transparansi biaya

Untuk Anda yang memiliki kendala dalam hal biaya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu terkait biaya rumah sakit pada rumah sakit yang bersangkutan. Umumnya bagian informasi atau pendaftaran bisa menjadi tempat untuk bertanya terkait biaya rumah sakit.

4. Indeks kepuasan pelanggan

Tanyakan apakah rumah sakit yang bersangkutan memiliki indeks kepuasan pelanggan. Jika ada maka mintalah hasilnya. Indeks kepuasan pelanggan yang bagus bisa menjadi referensi. Belum semua rumah sakit memiliki indeks kepuasan pelanggan, sehingga Anda bisa mencari tahu bagaimana kualitas rumah sakit dengan melihat reputasi rumah sakit, testimoni masyarakat, atau dari informasi di media massa. Seperti RS Premier Bintaro misalnya yang menjadi salah satu rumah sakit unggulan dari berbagai survei.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja