Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan untuk Perlindungan Keluarga



CAHYOGYA.COM - Saat ini kalau ditanya siapa yang berharga, pasti jawabannya keluarga. Mungkin kita semua sepakat harta yang paling berharga adalah keluarga. Keluarga merupakan rumah yang paling nyaman dan tempat kembali saat memiliki kesedihan. Maka dari itu, segala hal yang berhubungan dengan keluarga pasti dilakukan, termasuk memiliki asuransi untuk perlindungan keluarga.


Melindungi keluarga merupakan tanggung jawab yang harus terpenuhi dengan baik, terutama masalah kesehatan yang menjadi investasi kehidupan. Untuk itu, memiliki asuransi kesehatan mungkin menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan juga. Asuransi kesehatan sepertinya mutlak diperlukan untuk menjamin kesehatan Anda dan keluarga. Memang ada beberapa alasan yang mendasarinya yang akan diuraikan di bawah ini.

Alasan Asuransi Kesehatan Mutlak Diperlukan

Asuransi kesehatan merupakan investasi yang wajib dimiliki semua orang, karena di antara kita semua tidak ada yang tahu kapan akan mengalami sakit yang berat. Memiliki asuransi kesehatan dapat menghilangkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketidaknyamanan keluarga ketika ada yang sakit. Maka dari itulah asuransi kesehatan itu penting, alasannya mari simak di bawah ini.


1. Sakit tidak Bisa Dihindari

Sakit dan penyakit tidak bisa dihindari, karena datangnya tiba-tiba. Anda juga tidak akan tahu siapa yang akan terkena penyakit di antara keluarga, mungkin orang tua, pasangan, anak-anak, atau bahkan diri Anda sendiri. Melihat anggota keluarga yang hilang keceriaannya karena sakit Anda pasti sedih, dalam hal ini asuransi kesehatan dapat membantu Anda melindungi dan menjamin terjaganya keceriaan keluarga.

2. Mengcover Biaya Rumah Sakit

Dengan adanya asuransi kesehatan maka biaya yang Anda keluarkan untuk biaya rumah sakit telah dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Apalagi kalau di antara keluarga Anda ada yang mengidap penyakit yang tergolong berat, memiliki asuransi kesehatan adalah pilihan terbaik. Dengan demikian, keberadaan asuransi kesehatan sangat penting bagi keluarga Anda, setidaknya untuk menunjang biaya yang muncul akibat berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat Memiliki Asuransi Tambahan Selain BPJS

Per tanggal 1 Mei 2018, pengguna BPJS di Indonesia telah mencapai 76,37%. Mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJS mendapat layanan perlindungan standar, maka tidak semua kalangan cocok dengan asuransi kesehatan ini. Untuk itu, tidak ada salahnya apabila Anda memiliki asuransi komersial di luar jaminan yang ditawarkan BPJS Kesehatan misalnya seperti Lifepal untuk bisa memaksimalkan manfaat yang didapat dari perusahaan asuransi swasta.

Beberapa contoh manfaat tersebut meliputi jaringan rumah sakit yang lebih luas, dapat memilih dokter langganan di rumah sakit tersebut, serta rumah sakit yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal Anda. Namun, pastikan juga asuransi swasta yang Anda miliki telah berkoordinasi dengan pihak BPJS, karena Anda akan mendapat manfaat yang lebih.

Kemudian, jika Anda dan keluarga membutuhkan perawatan secara cepat, Anda dapat menggunakan asuransi swasta. Sedangkan jika kondisi Anda masih dapat menunggu pelayanan, Anda dapat menggunakan fasilitas dari BPJS Kesehatan. Cepatnya pelayanan yang diberikan asuransi swasta disebabkan tidak perlunya pergi ke faskes tingkat 1 terlebih dahulu untuk mendapat layanan. Anda bisa langsung datang ke rumah sakit atau klinik tertentu.

Untuk memilih asuransi kesehatan yang cocok dan tepat, maka kenali dulu kebutuhan layanan yang Anda inginkan. Apabila keadaan keluarga Anda tidak terkena penyakit yang berat mungkin bisa menggunakan asuransi dari pemerintah. Namun, jika Anda membutuhkan pelayanan yang cepat serta membutuhkan pengajuan klaim, mungkin asuransi komersial dapat menjadi pilihan Anda.

Nah, demikianlah alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk perlindungan keluarga. Melindungi keluarga tidak melulu masalah rumah atau mobil, asuransi kesehatan pun termasuk di dalamnya. Memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga juga merupakan bentuk dari rasa kasih sayang Anda juga investasi kesehatan masa depan.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja