Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Atasi Pendengaran yang Berkurang



CAHYOGYA.COM - Pendengaran yang mengalami penurunan sering kali tidak mendengar sinyal suara hingga ke otak. Ada banyak penyebab yang menjadikan pendengaran menurun, misalnya seperti usia yang semakin bertambah, mengkonsumsi banyak obat, terlalu sering berada di tempat yang berisik, maupun karena penyebab yang lain. Untuk mengatasi penurunan pendengaran, dibutuhkan alat bantu pendengaran. Ada dua jenis gangguan pada pendengaran yang mana kedua jenis tersebut dibesarkan berdasarkan pada tata letak kelainan nya. Berikut ini penjelasannya dan cara untuk mengatasinya:


1. Gangguan pendengaran sensorineural

Gangguan ini dapat terjadi akibat koklea pada telinga mengalami kerusakan, terutama pada telinga bagian dalam. Gangguan ini bisa saja terjadi secara alami yang disebabkan karena pernah mengalami cedera atau disebabkan karena usia yang semakin bertambah.

Pilihan utama untuk mengatasi penderita yang mengalami masalah pendengaran yaitu dengan menggunakan alat bantu dengar. Untuk menemukan toko alat bantu dengar, Anda bisa minta rekomendasi dari dokter THT yang menangani permasalahan Anda. Jika Anda sudah menggunakan alat bantu dengar, maka Anda sudah bisa mendengarkan suara dengan jelas.

2. Gangguan pendengaran konduktif

Gangguan pendengaran jenis konduktif dapat terjadi pada saat suara yang di dengar tidak bisa diteruskan kebagian telinga paling dalam. Penyebabnya yaitu adanya penyumbatan, misalnya seperti kotoran yang menumpuk, gendang telinga mengalami pecah dan adanya penumpukan cairan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga.

Untuk gangguan pendengaran jenis ini, pengobatan bisa dilakukan dengan cara membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga menggunakan minyak untuk bisa mengencerkan kotoran, kemudian kotoran tersebut dibuang. Jika gangguan pendengaran karena infeksi, pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik.

Pendengaran yang mengalami gangguan bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan akan berkembang secara bertahap. Pada biasanya, tanda dari pendengaran yang mengalami gangguan yaitu penderita akan mengalami kesulitan untuk menangkap suara dati lawan bicara.

Menggunakan alat bantu dengar untuk pendengaran yang menurun memang sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan lawan bicara. Toko alat bantu dengar terdapat banyak pilihan alat bantu dengar yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja