Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunda Perlu Tahu, Inilah Resep Labu Kuning untuk Olahan Donat



CAHYOGYA.COM - Hampir setiap Bunda memiliki permasalahan yang sama yaitu anak yang sulit untuk makan buah dan sayur. Padahal si kecil tentu membutuhkan keduanya dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Jika kekurangan, dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan dan pertumbuhan. Maka dari itu, Bunda dituntut untuk kreatif menyajikan buah dan sayur yang disukai anak. Salah satunya dengan mencari resep labu kuning untuk berbagai jenis olahan.


Perlu Anda ketahui bahwa labu kuning adalah salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Banyak nutrisi yang terkandung didalamnya seperti kalium, antioksidan dan vitamin. Kandungan tersebut berguna bagi perkembangan, daya tahan, penajaman penglihatan bagi anak. Kelebihan buah ini adalah dapat bunda masak menjadi berbagai macam bentuk karena teksturnya yang tidak lembek dan memiliki rasa yang manis.

Salah satu olahan yang dapat Anda buat supaya anak tertarik memakan buah adalah donat. Jajanan ini selain memiliki bentuk yang lucu, juga memiliki rasa yang enak dan disukai oleh anak-anak. Bunda dapat sekali-kali mencoba membuat olahan donat dengan bahan labu kuning. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resepnya!

Bahan yang harus disiapkan

Bahan yang diperlukan untuk membuat 10 porsi donat labu kuning adalah sebagai berikut :

1. Labu kuning seberat 100 gram atau berukuran sedang. Pilihlah labu kuning kecoklatan yang belum masak secara supaya teksturnya tidak terlalu lembek

2. Tepung terigu protein tinggi sebanyak 250 gram 

3. Fermipan sebanyak 5 gram

4. Gula halus sebanyak 3 sendok makan

5. Margarin sebanyak 2 sendok makan

6. Garam sebanyak 1/2 sendok teh

7. Minyak goreng secukupnya

Cara Pengolahan (estimasi 60 menit)

1. Resep labu kuning untuk olahan donat yang pertama adalah memotong labu kemudian dikupas kulitnya. Potongan bebas asalkan memudahkan untuk mengupasnya. Setelah dikupas, labu kemudian dicuci sampai bersih.

2. Labu yang telah dicuci kemudian dikukus sampai empuk. Jangan diangkat sebelum labu matang dan melunak.

3. Kemudian haluskan labu dengan menggunakan garpu atau sendok sampai benar-benar halus. Jika labu keras gunakan penumbuk yang bersih.

4. Campurkan fermipan dengan menggunakan air hangat sebanyak 2 sendok makan dan biarkan larut.

5. Campurkan labu yang sudah dihaluskan tadi dengan tepung terigu, margarin, gula, dan fermipan yang sudah dilarutkan. Kemudian aduk sampai rata dan uleni sampai adonan menjadi agak kalis. Pastikan tangan bersih ketika proses ini.

6. Kemudian masukan garam dan uleni terus sampai adonan donat tidak lengket lagi di tangan.

7. Setelah adonan menjadi kalis, tutup adonan dengan serbet bersih yang sudah dibasahi kurang lebih 30 menit supaya adonan mengembang.

8. Setelah 30 menit, ambil sedikit adonan dan bulatkan, lakukan sampai habis dan diamkan selama 15 menit.

9. Panaskan minyak di wajan. Sambil menunggu panas, lubangi adonan donat dengan jari dan kemudian goreng hingga kuning keemasan.

10. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan topping meses, keju ataupun gula tepung.

Demikian resep labu kuning yang diolah menjadi donat. Semoga bermanfaat untuk buah hati Bunda ya!



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja