Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berangkat Umroh



CAHYOGYA.COM - Tingginya minat warga muslim yang ingin beribadah umroh, membuat penyedia layanan paket umroh murah Jakarta menyiapkan penawaran terbaiknya. Ada yang menawarkan umroh dengan biaya dibawah Rp20 Juta, ada pula yang menawarkan paket umroh dengan tambahan negara ketiga yang bisa dikunjungi.


Persiapan Sebelum Umroh

Ketika datang kesempatan untuk berangkat umroh ke Baitullah, kamu sebaiknya jangan hanya sibuk memilih paket umroh murah Jakarta dengan promo terbaik. Kamu juga perlu menyiapkan hal-hal berikut ini sebelum berangkat umroh, yaitu sebagai berikut :

1. Mempelajari tata cara umroh

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah belajar tata cara umroh. Terutama untuk kamu yang baru pertama kali menjalankan ibadah umroh, kamu perlu belajar dengan seksama tata cara umroh yang sesuai dengan syariat. Meskipun kamu memiliki pembimbing ibadah nantinya, setidaknya kamu mengerti ritual yang akan kamu lakukan selama beribadah umroh.

2. Menyiapkan fisik dan mental

Hal kedua yang perlu kamu persiapkan dengan baik adalah fisik dan mental. Berbeda dengan perlengkapan lainnya yang mungkin sudah tersedia dalam satu paket umroh murah Jakarta, fisik dan mental perlu kamu siapkan sendiri. Fisik dan mental yang siap menjelang hari pemberangkatan adalah tanggung jawabmu.

Sama seperti menjalankan ibadah haji, beribadah umroh juga perlu fisik yang kuat. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga pola makan dan pola tidur agar kesehatanmu tetap terjaga. Jangan sampai kamu jatuh sakit menjelang hari pemberangkatan ataupun sakit ketika berada di Arab Saudi.

Begitu juga dengan mental. Kamu harus menyiapkan mental dengan baik agar benar-benar siap. Jangan lagi ada keraguan ketika menjelang hari pemberangkatan umroh. Hapuskan segala kekhawatiran dan siapkan diri untuk beribadah di Baitullah.

3. Menyiapkan perlengkapan umroh

Hal ketiga yang perlu kamu persiapkan adalah perlengkapan umroh. Biasanya, pihak travel umroh sudah menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh jamaah umroh. Jika demikian, berarti kamu tinggal menambahkan perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian ganti, dan sebagainya.

Kalau kamu baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh dan bingung dengan perlengkapan yang harus dibawa, kamu bisa meminta saran kepada pihak travel agen agar tidak salah bawa.

4. Buat catatan sebagai pengingat

Hal keempat yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat umroh adalah membuat catatan. Catatan ini berguna sebagai pengingat, misalnya target ibadah yang ingin dijalani selama umroh, daftar doa yang ingin dipanjatkan, hingga daftar barang-barang bawaan.

Dengan membuat catatan, kamu tidak akan lupa. Lagipula, tidak setiap hari kamu bisa pergi ke tanah suci untuk memanjatkan doa. Begitu ada kesempatan datang langsung ke Baitullah, kamu sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Niatkan diri untuk memperbanyak ibadah. Agar tidak lupa, kamu sebaiknya membuat catatan sebagai pengingat ini.

5. Menyiapkan alat komunikasi

Hal terakhir yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat umroh adalah menyiapkan alat komunikasi. Alat komunikasi ini berguna untuk saling bertukar kabar dengan sanak saudara di rumah.

Kalau kamu sudah memiliki handphone, kamu tinggal melengkapinya dengan kartu SIM Indonesia yang kamu miliki dengan paket roaming luar negeri atau bisa juga dengan menggunakan kartu SIM dari operator seluler Arab Saudi.

Nah, itulah lima hal yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat umroh. Hal-hal yang disebutkan adalah kebutuhan dasar dari setiap jamaah umroh. Kamu bisa menambahkan perlengkapan lain yang belum masuk dalam daftar tersebut atau tidak ada dalam daftar fasilitas yang diberikan oleh agen travel paket umroh murah Jakarta yang kamu pilih.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email