Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Mengetahui Penanganan Luka Pasca Operasi



CAHYOGYA.COM - Operasi caesar bisa menjadi jalan apabila proses persalinan secara normal dinilai tidak memungkinkan. Sayangnya, operasi caesar mengharuskan Anda untuk menghadapi luka bekas operasi yang lebih lama sembuh. Meski ada obat untuk mempercepat penyembuhan luka bekas operasi, Anda tetap perlu berusaha untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar dengan beberapa cara berikut ini.

Pentingnya Mengetahui Penanganan Luka Pasca Operasi


Pilih pakaian yang Nyaman

Bagi ibu hamil, pakaian yang dipilih tidak bisa sekadar memperhatikan penampilan agar terlihat menarik saja. Ia juga harus memperhatikan apakah pakaian yang dikenakannya nyaman untuknya dan anak yang ada di dalam rahimnya. Tak terkecuali pasca melakukan operasi caesar, dimana pemilihan pakaian sangat menentukan seberapa cepat proses penyembuhan luka operasi caesar.

PIlihlah pakaian yang nyaman dan longgar setelah menjalani operasi caesar sampai luka benar-benar mengering. Pakaian yang ketat bisa menimbulkan gesekan pada area luka yang akan berpotensi menjadi iritasi dan membuat proses penyembuhan jadi semakin lama. Pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut seperti katun atau rayon dengan bukaan untuk menyusui sehingga tidak menyulitkan Anda apabila ingin menyusui sang bayi sewaktu-waktu.

Hindari Hubungan Seks Terlebih dahulu

Baru menjalani proses persalinan namun sudah berencana untuk menambah momongan lagi? Tunggu dulu, karena pasca operasi caesar Anda perlu menjalani proses pemulihan sampai luka benar-benar sembuh. Salah satu caranya yakni dengan menghindari hubungan seks terlebih dahulu.

Hubungan seks setelah operasi caesar perlu dihindari sebab seorang ibu perlu menjalani masa nifas terlebih dahulu. Selain itu, luka juga belum sepenuhnya pulih dan bisa menjadi semakin parah apabila Anda langsung melakukan hubungan seks saat luka belum sembuh sempurna. Tunggu luka bekas operasi caesar benar-benar pulih sepenuhnya agar saat berhubungan seks Anda bisa merasa nyaman tanpa ada rasa nyeri dan luka bisa sembuh sesuai waktu yang telah diperkirakan.

Itulah 2 usaha yang bisa Anda lakukan agar luka bekas operasi bisa lebih cepat kering. Selain obat luka, Anda juga perlu beli obat muntah setelah selesai operasi di goapotik agar bisa mengatasi efek samping dari operasi dengan segera. Sebab ada promo beli obat diare anak goapotik yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja