Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Cepat Atasi Muntah Pada Anak Tanpa Obat



CAHYOGYA.COM - Saat buah hati anda tiba-tiba muntah pasti sebagai orangtua anda akan merasa khawatir dan cemas. Biasanya penyebab muntah pada anak-anak disebabkan oleh berbagai hal mulai dari alergi, keracunan makanan, virus dan lain sebagainya. Anda tak perlu khawatir jika ternyata muntah-muntah yang terjadi tersebut tidak berbahaya sehingga dapat reda dengan sendirinya. Untuk mengatasi muntah maka anda bisa membawa anak periksa ke dokter untuk anak usia kurang dari 12 minggu atau memberikan obat muntah aksi cepat.

Langkah Cepat Atasi Muntah Pada Anak Tanpa Obat

Supaya muntah yang terjadi pada anak bisa cepat reda maka anda bisa melakukan beberapa langkah mudah. Bagi anda yang tidak ingin memakai obat maka berikut akan dijelaskan langkah cepat untuk mengatasi muntah tanpa obat yang perlu anda ketahui.

1. Cairan Elektrolit

Ketika anak muntah sebaiknya segera berikan cairan elektrolit untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah muntah. Pemberian cairan elektrolit bisa dilakukan saat anak terlihat lelah, mulutnya kering, keluar cairan dari mata, kulit terasa dingin, mata terlihat sayu dan frekuensi buang air kecil yang berkurang. Gejala tersebut menunjukkan bahwa anak mengalami dehidrasi yang harus segera diatasi.

2. Makanan Cair

Sesudah beberapa jam anak terakhir muntah maka anda bisa memberikan makanan cair. Dimana makanan cair tersebut berupa jus atau sup kaldu. Selain itu, jenis makanan yang aman anda berikan pada buah hati yaitu bubur.

3. Jahe

Jahe mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk usus dan perut. Selain itu kandungan dalam jahe juga dapat mengontrol rasa mual karena kandungan jahe tersebut bekerja di bagian sistem saraf dan otak. Berikan jahe hangat untuk anak usia di atas 2 tahun agar mual dan muntah mereda,

4. Akupresur

Untuk meredakan mual dan muntah maka anda bisa menerapkan akupresur. Dimana cara ini dilakukan dengan menekan ibu jari dan telunjuk yang dimulai dari telapak tangan antara dua otot besar di bagian tangan. Tekanlah secara perlahan kemudian lakukan secara bergantian antara telapak tangan kanan dan kiri.

Demikianlah penjelasan mengenai info kesehatan yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas para orangtua bisa menerapkan langkah di atas sebagai aksi cepat saat buah hati mengalami muntah-muntah. Dengan cara tersebut anak bisa sembuh dari muntah tanpa obat kimia. Namun jika tak kunjung sembuh sebaiknya segera periksakan ke dokter.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja