Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Suzuki APV Arena, Mobil Keluarga Irit BBM



CAHYOGYA.COM - Suzuki APV Arena merupakan salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang pernah berjaya di pasar Nasional maupun Internasional. Mobil keluarga ini mengandalkan mesin tipe G15A 1.500 cc 16 cylinder Multi Point Injection distributor less Ignition. Selain efisien dan irit, penggunaan bahan bakarnya juga dinilai bertenaga.


Konsumsi Bahan Bakar Suzuki APV Arena

Beberapa waktu lalu, pernah dilakukan sesi test drive dengan menggunakan Suzuki APV Arena ini. Test drive dilakukan di tol dan hasil konsumsi bahan bakarnya sangat irit dengan catatan 11 liter untuk 13 km.

Bodi dan Kestabilan Suzuki APV Arena

Untuk kestabilan, gejala body roll saat melalui jalanan yang terdapat tikungan atau bermanuver nyaris tidak terasa. Ini dibuktikan dari jalanan berliku di sekitar bukit Sentul dengan kecepatan 75 km/jam serta menggunakan engine break dan membawa full penumpang. Hasilnya, Suzuki APV Arena ini bisa keluar tanpa getaran dari stir kemudi.

Ini berkat suspensi depan yang sudah mengandalkan MacPherson Struts sehingga membuat mobil MPV tersebut stabil di segala kondisi jalan serta penyempurnaan model suspensi belakang, dimana dulunya mengandalkan pegas daun yang kaku. Kini, telah menggunakan pegas spiral yang lebih lentur dan nyaman.

Selain itu, suspensi belakangnya juga dapat menjamin mobilnya dapat mengangkut beban yang berat sehingga kendaraannya lebih nyaman dan stabil.

Performa Suzuki APV Arena

Hasil dari menjajal Suzuki APV Arena di sekitar perumahan bukit Sentul yang penuh tanjakan adalah performa mesinnya sangat tangguh. Saat melalui tanjakan terjal, tarikan mesinnya masih responsif dengan posisi gear tiga. Saat test drive dilakukan, mesin dalam kondisi standar tanpa tune-up.

Di sisi lain, kabin penumpangnya terasa lebih luas dengan posisi duduk tanpa berdesakan. Sedangkan, jarak kaki dengan kursi depan tidak terlalu sempit. Untuk penumpang baris kedua dan ketiga, disematkan sandaran di tengah.

Pada tipe GL dan SGX, Suzuki APV Arena dapat menampung hingga delapan penumpang dengan konfigurasi 2-3-3. Untuk menambah kenyamanan, APV Arena tipe SGX dibuat menjadi tujuh penumpang dengan konfigurasi 2-2-3. Terdapat pembaruan pada mobil keluarga yang merupakan hasil kolaborasi antara insinyur Jepang dan Indonesia ini yaitu sisi eksteriornya. Terdapat bumper depan dan gril yang menghasilkan lekukan tajam dan aerodinamis, desain headlamp terbaru dengan multi reflector yang berkelas, serta desain panel instrumen.

Fitur Suzuki APV Arena

Untuk fitur keamanan, Suzuki APV Arena telah dilengkapi dengan total effective control technology (TECT) dan side impact beam untuk melindungi dari benturan keras.

Di sisi lain, sudah disematkan juga sabuk pengaman pada setiap sisi penumpang dan posisi air intake setinggi 101 cm sehingga pengemudi mobil tidak perlu khawatir saat melewati jalanan yang tergenang banjir meskipun posisi mesin berada di bawah mobil.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja