Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips Menghitung Keuntungan Bunga Deposito di Bank



CAHYOGYA.COM - Menabung menjadi salah satu cara yang banyak dipilih untuk berinvestasi di masa depan. Daripada menabung di rumah (celengan), orang-orang, bahkan barangkali juga Anda lebih memilih menyimpan uang di bank. Bank memang memiliki banyak produk, deposito adalah salah satunya. Sama seperti produk bank lainnya, deposito menghasilkan bunga. Hanya saja, barangkali belum banyak yang tahu bagaimana cara hitung deposito di bank.


Deposito adalah salah satu produk penyimpanan yang disediakan oleh bank yang hanya dapat ditarik oleh nasabah setelah melalui jangka waktu tertentu. Jatuh tempo deposito biasanya memiliki kurun waktu 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Saat nasabah mengambil uangnya sebelum jatuh tempo, akan ada penalty yang dikenakan.

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

Deposito bisa dijadikan sebagai latihan untuk pemula dalam memilih instrumen investasi karena minim risiko. Selain mudah dilakukan, deposito dapat melatih Anda untuk disiplin dalam menabung jangka panjang. Jika Anda ingin mencoba atau bahkan telah mencoba instrumen investasi ini, lebih baik belajar bagaimana cara hitung deposito.

1. Memahami Pajak Bunga Deposito di Bank

Saat melakukan investasi deposito, akan ada suku bunga yang Anda dapatkan dan berbanding lurus dengan besaran dana yang disimpan. Perlu Anda ketahui bahwa bunga tersebut akan dipotong pajak sebesar 20 persen jika deposito Anda di atas 7,5 juta. Sedangkan jika di bawah 7,5 juta, deposito Anda akan terbebas dari pajak.

2. Menghitung Bunga Deposito di Bawah 7,5 Juta

Menghitung suku bunga di bawah 7,5 juta akan lebih mudah dibandingkan di atasnya. Anda tinggal mengalikan uang deposito dengan besaran bunga dan jangka waktu yang ditetapkan. Sederhananya, rumusnya adalah sebagai berikut: jumlah bunga x bunga per tahun x jangka waktu deposito.

3. Menghitung Bunga Deposito di Atas 7,5 Juta

Rumus untuk menghitung bunga deposito diatas 7,5 juta adalah mengalikan jumlah yang disimpan dengan bunga per tahun dan 80 persen jangka waktu. Jumlah 80 persen merupakan hasil persentase dari keuntungan yang didapat setelah dipotong pajak sebesar 20 persen. Sederhananya, rumus menghitung bunga deposito adalah sebagai berikut:

Bunga deposito = jumlah deposito x jumlah hari dalam sebulan x bunga per tahun x pajak (80 persen) Misalnya jika Anda mendepositokan uang sejumlah 10 juta dan mendapatkan bunga 5 persen tiap tahunnya, Anda akan mendapatkan bunga sebagai berikut.

Bunga deposito = Rp10 juta x 30 x 5 persen x 80 persen : 365 = 32.877

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan bunga deposito setiap bulan sebesar Rp32.877,00.

Itulah tiga tips agar Anda mengetahui cara hitung deposito di bank. Melakukan instrumen investasi berupa deposito di bank cocok bagi Anda para pemula yang ingin disiplin menabung uang maupun berinvestasi, karena minim risiko.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja