Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikut Lelang, Cara Mudah Beli Mobil Murah

CAHYOGYA.COM - Mobil merupakan salah satu mode transportasi lokal yang dibutuhkan banyak orang. Jenis kendaraan pribadi yang bisa digunakan untuk mengangkut 2-6 orang ini kerap menjadi pilihan paling masuk akan disaat sulitnya mendapatkan pelayanan dari penyedia transportasi masal.

Disisi lain, mobil juga turut menjadi cerminan status sosial bagi sang pemilik untuk menunjukkan kuasa atau jabatan. Untuk kalangan pejabat misalnya, setiap lapis dan tingkatan bisa dipastikan memiliki tipe mobil yang berbeda-beda menyesuaikan dari segi tunjangan serta kebutuhan.

Ikut Lelang, Cara Mudah Beli Mobil Murah

Selain pejabat dan hartawan, mobil juga bisa dibeli oleh orang awam. Di Indonesia misalnya, terdapat beragam cara yang bisa dilakukan untuk membeli tipe kendaraan yang satu ini. Mulai dari melakukan pembayaran secara kontan, kredit dengan sistem cicilan, hingga membeli bekas lewat program lelang.

Ya, lelang bisa dijadikan opsi alternatif bagi masyarakat Indonesia yang saat ini memiliki keinginan untuk memiliki mobil namun terkendala masalah dana. Pasalnya, sistem lelang akan dimulai dengan menentukan harga yang lumayan rendah dari harga pasaran, hal ini salah satunya dilakukan untuk menarik minat calon pembeli agar melakukan penawaran.

Lantas, bagaimana sih mekanisme atau cara mengikuti lelang?

Sebagai contoh, dalam mekanisme lelang dari IBID-BalaI Lelang Serasi langkap pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan cek jadwal kapan akan dilakukan lelang. Selain bertujuan agar tidak ketinggalan program lelang, hal ini juga biasa dilakukan untuk melihat kondisi barang lelang yang sedang ditawarkan, apakah objek tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau justru belum masuk dalam kategori yang diinginkan.

Nah, yang patut Anda cermati dalam sistem lelang adalah barang atau produk yang dijual mayoritas dalam kondisi apa adanya. Jadi, ada kemungkinan Anda bakal mendapatkan mutu yang bagus tapi ada juga beberapa barang yang justru memerlukan perbaikan yang signifikan.

Untuk lelang mobil misalnya, pihak IBID-Balai Lelang Serasi biasanya menjual dalam kondisi apa adanya, yakni mobil-mobil bekas dari ASTRA atau perusahaan multifinance lain yang ada di Indonesia. Karena jumlah mobil yang dilelang mencapai ribuan unit dalam sekali proses, maka pihak pelelang tentu tidak bisa melakukan maintenance atau perawatan kepada semua mobil. Namun, dalam hal ini bisa dipastikan bahwa seluruh unit sudah melalui pengecekan kondisi mulai dari sparepart yang sudah tidak berfungsi, hingga keadaan eksterior untuk membantu menentukan harga awal penjualan.

Lankah selanjutnya, ketika Anda sudah menemukan jadwal lelang yang tepat, sebagai peserta lelang Anda wajib membeli nomor peserta lelang (NPL) yang berlaku untuk satu unit mobil yang akan Anda incar. Proses pendaftaran nomor peserta lelang (NPL) di IBID-Balai Lelang Serasi harus menyerahkan biaya berupa deposit dalam jumlah tertentu yang nantinya bisa digunakan untuk membayar jika Anda menang lelang atau bisa juga dikembalikan kalau Anda kalah dalam proses bidding.

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda bisa mengikuti lelang dengan menawar seperti pada proses lelang pada umumnya. Sementara setelah Anda dinyatakan menang lelang, maka Anda harus melunasi biaya pembelian yang sudah dipotong dengan deposit maksimal tiga hari setelah acara pelelangan.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Membeli mobil dari tempat pelelangan memang masih cukup menguntungkan, terutama disaat kondisi permintaan pasar yang tinggi seperti saat ini. Tak hanya jenis kendaraan tua, sistem pelelangan terkadang juga menghadirkan mobil pilihan yang sangat layak digunakan untuk mengakomodir aktivitas harian.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba membeli mobil dari sistem lelang?



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja