Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup Hebat Berkat Kondisi Lingkungan yang Sehat



CAHYOGYA.COM - Memiliki tempat tinggal di lingkungan yang sehat merupakan idaman semua orang. Pasalnya, segala sesuatu disekitar yang dapat mempengaruhi perkembangan hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung semuanya bakal bermuara di lingkup kesehatan.


Kondisi lingkungan yang sehat otomatis bakal berdampak positif bagi kehidupan manusia di sekitarnya. Begitu pula sebaliknya, yakni lingkungan yang buruk akan berdampak buruk juga bagi kehidupan manusia di sekitarnya.

Sebagai masyarakat modern yang sudah melek akan teknologi, Anda tentu harus mengetahui ciri lingkungan sehat serta tidak sehat yang harus di hindari karena ngat berbahaya kesehatan keluarga.

Berikut lima ulasan terkait dampak lingkungan tidak sehat, antara lain:

1.Aktivitas Terhambat Akibat Bau Tidak Sedap

Selain dari rupa yang tidak enak dipandang, ciri lingkungan tidak sehat adalah timbulnya bau tidak sedap. Bagi masyarakat yang sensitif terhadap bau tidak sedap, hal ini tentu akan mengakibatkan mual-mual hingga pusing. Sehingga aktivitas sehari-hari bakal terganggu.

2.Menimbulkan Potensi Genangan Air Hujan

Percaya atau tidak, lingkungan kumuh atau tidak sehat hampir bisa dipastikan bakal tergenang air ketika musim penghujan. Entah karena sungai meluap atau saluran pembuangan yang mampet akibat gorong-gorong yang tersumbat bahan padat.

Pengolaan sampah dan sosialisasi banjir di kawasan tidak sehat sangat perlu dilakukan. Banjir dimusim hujan adalah tantangan tersendiri bagi masyarakat yang bertempat tinggal di dataran rendah. Terutama di titik-titik yang tidak memiliki saluran perairan yang baik. Salah satu penyebab saluran tidak lancar adalah tersumbat oleh benda-benda buangan seperti sampah.

3.Menjadi Sumber Penyakit DBD

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit klasik di Indonesia yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang sudah terjangkit virus dengue. Nyamuk jenis ini disinyalir banyak berkembang biak di kawasan kumuh yang jarang mendapat perhatian untuk dibersihkan.

Infeksi dari virus tersebut menimbulkan beberapa gejala seperti demam, nyeri otot dan sendi, hingga sakit kepala. Nahasnya, penyakit DBD juga diklaim dapat mengakibatkan kematian jika tidak diobati dengan benar.

Ciri Lingkungan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Nah, sebagai pembanding dari ciri-ciri lingkungan tidak sehat, Anda bisa melihat ciri lingkungan sehat dengan menilai beberapa aspek yang ada dibawah ini.

1. Udara Sejuk dan Segar

Tak bisa dipungkiri lagi, faktor udara memang menjadi indikator utama terkait kondisi lingkungan sehat. Lingkungan sehat bisa terasa dari kualitas udaranya, jika lingkungan mempunyai kualitas udara yang bersih, segar dan menyejukkan. Maka hal itu menunjukkan bahwa lingkungan tersebut sehat.

2. Sistem Pengelolaan Limbah Teratur

Ciri lingkungan bersih juga ditandai dengan adanya sistem pengelolaan limbah baik di titik-titik tertentu. Saat ini keberadaan limbah domestik sendiri menjadi penyumbang terbesar sampah yang masuk tempat pembuangan karena setiap rumah akan menghasilkan limbah domestik yang berpotensi mencemari lingkungan jika tidak ditangani dengan benar.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya sistem saluran limbah dan pengelolaan limbah yang cukup baik pada setiap rumah untuk dapat menciptakan lingkungan sehat serta bersih. Langkah posistif tersebut bisa dimulai dari diri sendiri, kemudian baru bisa bergantung kepada orang lain untuk melakukan tindakan serupa.

3. Banyaknya Tumbuhan Hijau

Kalau ditanya soal ciri lingkungan sehat, Anda bisa melihat dari kualitas tumbuhan yang hidup disekitarnya. Jika kondisi lingkungan sangat subur dan teratur, maka bisa dipastikan kalau kualitas air tanah di tempat tersebut sangat baik.

Itulah pembahasan terkait ciri lingkungan sehat yang perlu ANda ketahui. Tetap ikuti terus artikel dari idegokil.com untuk mendapatkan pencerahan seputar lifestyle dan anak muda masa kini.

Sampai jumpa.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja