Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Rutin Membacakan Dongeng untuk Perkembangan Anak



CAHYOGYA.COM - Di era digital, orangtua modern lebih suka memberikan gawai sebagai media hiburan untuk anak-anak. Dongeng dalam bentuk visual menjadi pilihan untuk edukasi si kecil. Padahal, ada banyak manfaat memberikan dongeng langsung dari orangtua pada anak-anak. Toh, orangtua bisa memilih dongeng cerita rakyat nusantara untuk dibacakan pada buah hati tercinta. Berikut manfaat rutin membacakan dongeng untuk membantu tumbuh kembang anak antara lain:


1. Menambah kosakata anak

Mendongeng sebuah cerita bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Kebiasaan baik yang bisa merangsang tumbuh kembang anak dalam memahami kata-kata dari sang ibu. Sejak anak kecil, Anda bisa mengajak dia membaca sebuah buku cerita yang bisa memberikan manfaat penambahan kosakata. Semakin banyak kosakata yang dikuasai oleh si anak, semakin besar kemampuan komunikasi yang dimiliki.

2. Bisa merangsang kemampuan mendengar

Anda bisa membacakan sebuah cerita rakyat kepada anak sejak ia masih berusia dini. Semakin rutin Anda membacakan sebuah dongeng, maka si kecil bisa memiliki kemampuan mendengar kata atau suara-suara.

3. Bisa meningkatkan daya imajinasi anak

Cerita rakyat yang memiliki kisah-kisah positif bisa meningkatkan daya imajinasi anak. Tidak ada salahnya Anda mengajak anak untuk membayangkan atau mendongeng dengan piranti pelengkap. Dongeng yang dibacakan atau diceritakan langsung bisa menjadi stimulan daya imajinasi terbaik.

4. Meningkatkan interaksi dan kehangatan

Dongeng merupakan salah satu media yang bisa meningkatkan interaksi verbal orangtua dengan anak. Hubungan antara orangtua dan anak menjadi lebih dekat dan erat berkat interaksi rutin ini. Anda bisa mengajak anak untuk tertawa bersama, merasa sedih, berpelukan atau bahagia dengan akhir cerita dongeng yang baik. Golden time merupakan prioritas utama yang bisa Anda dapatkan dari momen istimewa ini.

5. Media edukasi yang baik

Biarkan anak-anak belajar banyak hal dari buku bacaan berisi dongeng meskipun mereka belum bisa membaca. Lewat buku, Anda bisa memberikan edukasi tentang ilmu mengenal angka, huruf, warna, bentuk, dan lain-lain. Dongeng yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi bisa menjadi media untuk memberikan informasi dunia dan sekitarnya. Selama Anda bisa mengajarkan banyak hal positif dari pembacaan dongeng, kenapa tidak?

6. Melatih daya ingat yang bagus

Coba Anda menceritakan sebuah kisah atau dongeng pada si kecil dan biarkan ia mendengarkan apa yang Anda ucapkan. Setelah momen membaca dongeng berakhir, Anda bisa mencoba bertanya pada anak tentang alur cerita tersebut. Biarkan dia menceritakan kembali isi dari dongeng untuk mengembangkan daya tangkap dan daya ingat. Si kecil juga akan belajar komunikasi dan memiliki kepercayaan diri tinggi.

7. Bisa mengajarkan mengelola emosi si kecil

Mendongeng bisa menjadi sarana untuk mengajarkan tentang emosi pada anak-anak. Anda bisa menyisipkan pelajaran tentang mengelola emosi lewat kisah cerita ini. Pengenalan emosi bisa membantu si kecil mengenal dan memahami apa yang ia rasakan seiring perkembangan usia.

Menggunakan perangkat teknologi untuk mengajarkan dongeng pada anak wajar saja seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih. Namun, Anda harus tetap memberikan batasan dan pendampingan agar si kecil tidak kecanduan dengan gawai atau teknologi. Merangsang minat baca sejak kecil berpengaruh positif pada tumbuh kembang yang sempurna.

Anda bisa mulai memilih buku-buku cerita yang bagus dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Pastikan Anda membaca buku lebih dulu agar tahu jalan cerita yang menarik. Mulailah dengan bercerita penuh ekspresi agar minat si kecil semakin tinggi. Yuk, luangkan waktu Anda untuk membaca cerita rakyat bersama anak agar kemampuan dan tumbuh kembangnya lebih baik!



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja