Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Ide Bisnis Untuk Anak Kost Saat Pandemi Corona Covid-19



CAHYOGYA.COM - Hampir tiga bulan terakhir kita dihantui oleh virus corona covid-19 yang saat ini sudah resmi dinyatakan sebagai pandemi. Semua sekolah dan kampus diliburkan, sementara sebagian pekerja terpaksa harus dirumahkan karena bisnis tidak bisa berjalan secara optimal. Lantas, apa yang harus kita kerjakan?

Sebagai anak kost, di tengah ketidakpastian aktivitas pembelajaran, pekerjaan, serta minimnya pemasukan, kita tentu harus tetap optimis untuk melihat keadaan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara menekuni bisnis kecil-kecilan sembari menaati anjuran stay at home demi memutus rantai penyebaran.


Nah, bagi kalian yang tertarik untuk berbisnis di tengah pandemi seperti saat ini, kami sudah merangkum empat ide bisnis kekinian untuk para penghuni kost murah yang bisa dikerjakan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Penasaran dengan ide-idenya? Berikut ulasan selengkapnya.

4 Ide Bisnis Untuk Anak Kost Saat Pandemi Corona Covid-19

1.Jasa Pengelolaan Akun Media Sosial

Di tengah pandemi corona covid-19 yang terjadi saat ini, banyak pelaku bisnis konvensional yang mulai sadar akan pentingnya menjaga jalur pemasaran digital. Kita bisa menangkap peluang ini untuk menyediakan jasa pengelolaan akun media sosial secara full-time maupun part-time.

Jangan salah, potensi pendapatan dari bisnis kekinian ini ternyata lumayan besar lho! Apalagi jika kita sudah memiliki pengalaman yang bisa dijadikan sebagai portofolio untuk membuktikan kepada klien.

Di sisi lain, bisnis jasa pengelolaan akun media sosial juga sangat pas bagi generasi milenial yang otomatis sudah hafal dengan fitur maupun trend yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Sebagai contoh, kita bisa menawarkan jasa info kost murah jakarta di sosial media kepada orang-orang yang ingin mendapatkan tempat kost terjangkau.

2.Menjadi Blogger

Percaya atau tidak, menjadi seorang blogger saat ini bukan hanya sebatas hobi, melainkan bisa juga dijadikan sebagai profesi. Dengan menjadi seorang blogger yang konsisten dalam mengunggah konten, kita bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang bersumber dari iklan Google Adsense, komisi afiliate, jasa backlink dengan cara jual beli backlink via marketplace backlink, atau artikel berbayar yang dipesan oleh brand.

Ada beberapa topik blog yang sedang happening di masa pandemi corona covid-19 seperti sekarang ini. Di antaranya seperti menulis tentang cerita pendek atau novel fiksi yang bisa menjadi penawar bosan sehari-hari, topik tentang cara menjaga pola hidup sehat, hingga tips-tips cara mengembangkan hobi.

3.Bisnis Dropshiper

Siapa sih yang tidak suka belanja online? Hampir sebagian besar anak kost tentu pernah melakukan aktivitas pembelian barang secara online melalui marketplace digital. Seiring perkembangan kondisi yang mengharuskan banyak orang untuk menaati anjuran #DiRumahAja atau #DiKostAja maka otomatis intensitas belanja online akan semakin meningkat.

Jadi, daripada bingung tidak ada aktivitas produktif lain di kostan kamu bisa mencoba mengambil peluang berjualan online di marketplace dengan cara menjadi dropshiper. Tak perlu pusing untuk membuat produk sendiri, karena kita cukup duduk manis atau rebahan cantik sambil memilih produk berkualitas yang sekiranya bisa kita jual ke banyak orang.

4. Jasa Pembuat Konten

Bisnis jasa pembuatan konten sangat layak ditekuni untuk menambah pundi-pundi pemasukan di tengah wabah corona seperti saat ini.

Untuk meminimalisir aktivitas di luar ruangan, kalian bisa mencoba menjual keahlian dalam menulis artikel atau membuat desain banner yang banyak dibutuhkan oleh toko online maupun perusahaan untuk mempercantik timeline sosial media mereka.

Di Indonesia sendiri sudah banyak situs marketplace yang berfungsi untuk mempertemukan pekerja kreatif dengan pemilik usaha. Jadi, Anda hanya tinggal mendaftar agar bisa langsung mulai menawarkan jasa.

Itulah akhir dari pembahasan terkait 4 ide bisnis untuk anak kost yang bisa dilakukan ketika pandemi corona covid-19. Bagi kalian yang tertarik memulai salah satu dari ide bisnis di atas, Mamikos punya satu tips nih, yakni kalian harus bisa memanfaatkan semua kanal media pemasaran yang ada untuk menjangkau calon pelanggan. Selain media sosial, kalian juga bisa menggunakan website dan jaringan pertemanan untuk mengoptimalkan proses pemasaran agar produk cepat laku terjual. Bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk mencoba?



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja