Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Ciri-Ciri Kulit Sensitif yang Perlu Diketahui



CAHYOGYA.COM - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada orang yang yang memiliki tipe kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif. Orang yang memiliki kulit sensitif akan memiliki reaksi berlebihan terhadap faktor-faktor lingkungan, misalnya ketika orang tersebut memakai kosmetik, sabun, atau lotion. Oleh karena itu, penting pula bagi Anda untuk mengetahui ciri kulit sensitif ini.


Kondisi kulit sensitif juga biasanya akan memburuk ketika terkena udara dingin atau kering. Kulit akan mengalami iritasi seperti terasa gatal atau terasa sensasi panas. Anda yang memiliki kulit sensitif harus mendapatkan perawatan yang sesuai. Namun sebelumnya Anda juga harus mengetahui apa saja ciri kulit sensitif di bawah ini agar Anda bisa mengetahui perawatan yang tepat.

1. Sering muncul ruam dengan mudah

Jika Anda memiliki kulit sensitif, kulit Anda akan sering dan mudah sekali timbul ruam atau bercak yang terasa gatal atau panas. Ruam ini akan mudah sekali muncul ketika Anda menggunakan produk-produk kosmetik tertentu atau ketika kulit Anda terpapar udara dingin.

2. Iritasi terhadap produk wewangian

Jika kulit Anda merupakan tipe kulit sensitif, maka kulit tersebut tidak akan bisa menyerap dengan baik produk-produk wewangian yang Anda gunakan, seperti parfum, lotion, atau deodoran. Ketika menggunakan produk-produk tersebut, kulit Anda bukannya menyerap namun justru akan menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Kulit wajah merah, sakit, atau panas

Ciri kulit sensitif selanjutnya adalah kulit yang mudah memerah atau terasa sakit dan panas, terutama pada bagian kulit wajah. Reaksi ini akan mudah terjadi ketika Anda menggunakan produk-produk kosmetik, terutama produk yang mengandung bahan aktif kuat seperti asam glikolat atau retinoid. Kulit Anda juga akan memberikan reaksi ini jika Anda menggunakan produk kosmetik yang mengandung parfum.

4. Kulit sering mengelupas

Orang yang memiliki kulit sensitif akan sering mengalami pengelupasan kulit. Hal ini memperlihatkan ada hal yang salah dengan kelembaban kulit Anda. Kulit yang sensitif akan membuat kulit Anda mengalami kekeringan yang parah sehingga membuatnya mengelupas.

5. Kulit gatal

Anda yang memiliki kulit sensitif juga akan sering merasakan kulit Anda terasa gatal. Gatal ini bisa saja muncul tanpa ruam. Kondisi kulit yang gatal ini juga diakibatkan akibat terjadinya kekeringan pada kulit sehingga kulit Anda tidak memiliki kelembapan.

6. Alergi

Alergi yang Anda alami ketika mencoba produk-produk tertentu bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kulit sensitif. Jika alergi tersebut tidak kunjung reda meskipun Anda sudah menghentikan pemakaian produk yang memicu alergi tersebut, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan karena kulit yang sensitif bisa membuat reaksi alergi yang Anda alami menjadi semakin parah.

Itulah beberapa ciri kulit sensitif yang mungkin Anda alami. Jika Anda telah mengetahui kondisi kulit Anda, maka Anda bisa lebih berhati-hati agar selalu melakukan perawatan kulit yang tepat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja