Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aktivitas Sederhana untuk Mencegah Penyakit Jantung



CAHYOGYA.COM - Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan dijauhkan dari penyakit, terlebih penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Sakit jantung merupakan penyakit yang memiliki tingkat kematian paling tinggi, maka sudah saatnya Anda mulai melakukan aktivitas-aktivitas agar menjaga jantung Anda tetap sehat.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.



1. Berjalan kaki

Berjalan kaki menjadi aktivitas sederhana dan mudah untuk Anda lakukan namun memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung. Jika Anda melakukan aktivitas berjalan kaki selama satu jam saja, Anda sudah bisa membakar sekitar 245 kalori dalam tubuh Anda.

Berjalan kaki juga bisa menurunkan berat badan bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih atau obesitas. Perlu Anda ketahui bahwa obesitas juga menjadi salah satu faktor resiko yang bisa memicu penyakit jantung.

2. Berkebun

Bagi Anda yang tidak suka aktivitas olahraga, Anda bisa mencoba hal lain untuk menjaga jantung tetap sehat. Caranya ialah dengan melakukan kegiatan berkebun. Kegiatan berkebun yang Anda lakukan selama satu jam ternyata bisa membakar hingga 300 kalori yang setara dengan aktivitas olahraga seperti berenang atau bersepeda.

Selain membakar kalori dan menjadi hobi yang menyenangkan, berkebun juga akan membuat tubuh Anda melepaskan hormon endorphin, yaitu hormone anti stres yang bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan zat yang bisa membuat sel jantung mudah rusak. Maka, dengan sering berkebun secara tidak langsung Anda juga sudah membuat jantung Anda lebih sehat.

3. Naik turun tangga

Aktivitas sederhana yang Anda lakukan di dalam rumah juga bisa mencegah Anda dari penyakit jantung. Salah satunya ialah aktivitas naik turun tangga. Ada sebuah studi yang menyebut bahwa orang yang melangkah sebanyak 100 hingga 150 langkah naik turun tangga dalam seminggu mengalami penurunan resiko terkena sakit jantung hingga 20 persen. Tentunya ini juga harus diseimbangkan dengan pola hidup yang sehat.

4. Bersepeda

Kegiatan bersepeda sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya bisa menyehatkan jantung, bersepeda juga bisa memperbaiki sistem paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi resiko Anda terkena penyakit kardiovaskular lainnya. Ini karena bersepeda mampu memperkuat otot jantung serta membuat kadar lemak dalam darah berkurang.

5. Mengetik sambil berdiri

Jika Anda merupakan pekerja kantoran yang lebih sering bekerja dengan duduk di kursi, ada baiknya Anda sesekali mengubah kebiasaan Anda dengan cara mengetik sambil berdiri. Untuk melakukan aktivitas ini, kamu bisa menggunakan standing desk yang sudah diuji secara ilmiah mampu menstabilkan kadar gula darah.

Itulah beberapa aktivitas mudah dan sederhana untuk mencegah penyakit jantung yang bisa Anda lakukan. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja