Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Penyebab Tifus dan 3 Kiat untuk Menghindarinya



CAHYOGYA.COM - Demam tifoid atau tifus (masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan tipes) sering menyerang anak muda. Sebenarnya penyakit ini dapat menyerang siapa saja, namun gaya hidup anak muda yang cenderung tidak sehat menunjukkan peluang lebih besar. Penyebab tifus sebenarnya sangat beragam, namun faktor paling utamanya adalah pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur.

Kenali Penyebab Tifus


Untuk dapat menghindari penyakit tifus, Anda perlu untuk mengenali kembali penyebabnya. Tangan yang kotor saat makan, sanitasi buruk serta mengonsumsi produk yang telah terkontaminasi adalah penyebab penyakit ini. Sebab ketiga kegiatan tersebut bisa mendatangkan bakteri Salmonella typhi yang akan menginfeksi tubuh.

Penularan penyakit tifus sangat cepat salah satunya melalui seks oral dengan orang yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara untuk menghindari penyakit tifus ini. Simak tiga kiat menghindari penyakit tifus di bawah ini.

1. Menjaga pola makan

Anda mungkin sering melewatkan sarapan atau makan siang. Lebih baik hindari hal tersebut dengan rutin makan tiga kali sehari. Selain itu, terapkan pola makan yang sehat. Tidak masalah jika Anda makan di pinggir jalan tetapi tetap pastikan makanan tersebut higienis. Jika terdapat lalat yang mengerubungi tempat makan tersebut, lebih baik hindari. Carilah tempat makan yang bersih dengan begitu makanan yang akan Anda makan pun lebih terjamin kebersihannya.

Menghindari makanan pedas juga bisa dilakukan supaya perut Anda tidak sakit. Ketika perut sudah sakit tentu daya tahan akan menurun dan keoptimalan organ pencernaan akan berkurang. Makanan yang pedas dan terlalu asam dapat merusak lambung. Selain tifus, tentu bisa menimbulkan penyakit lain pada lambung Anda.

2. Menghindari seks oral

Penyebab tifus lainnya adalah tertular bakteri Salmonella typhi dari orang lain dengan cepat melalui seks oral. Berperang dengan bakteri bukanlah hal yang mudah. Sebab bakteri tidak dapat dilihat dengan mata biasa, perlu alat khusus untuk mendeteksinya. Oleh karena itu, hindari seks dengan sembarang orang.

3. Sering berolahraga

Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda. Hal ini juga mempengaruhi daya tahan seseorang terhadap penyakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Anda bisa melakukannya dengan berolahraga baik di luar maupun di dalam ruangan. Jika Anda memilih untuk berolahraga di luar ruangan, bawalah air minum dari rumah yang jelas terjamin kebersihannya. Hindari membeli minuman dingin usai berolahraga.

Ketiga kiat di atas bisa Anda kembangkan dalam aktivitas sehari-hari. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Oleh karena itu kenali penyebab tifus sedini mungkin. Kemudian pastikan Anda menghindari penyebab tersebut dengan melakukan berbagai kiat untuk mencegahnya. Segera berkonsultasi dengan dokter Anda jika merasakan gejala tifus. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja