Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sunmori di Tengah Pandemi



CAHYOGYA.COM - Sunmori atau Sunday Morning Ride merupakan sebuah kebiasaan ikonik yang jadi langganan para pengendara sepeda motor. Aktivitas berkendara bersama komunitas maupun solo riding tersebut biasa dilakukan pada hari Minggu pagi, ketika jalanan masih sepi.


Ada beragam manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas ini. Salah satunya yakni menghilangkan stress serta beban pikiran yang tersimpan akibat terus bekerja selama sepekan. Selain itu, sunmori juga bisa semakin mempererat tali silaturahmi antar bikers, bahkan jika kita cukup beruntung akan ada teman baru yang bisa bermanfaat dari segi bisnis atau pekerjaan.

Tidak percaya? Lihat saja betapa solidnya komunitas pengendara Vespa di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Saking solidnya, beberapa anggota bahkan sampai ada yang mendirikan bengkel atau toko aksesoris perlengkapan berkendara sehingga membuka peluang bisnis baru. Nah, di tengah pandemi virus corona COVID-19 yang tak kunjung usai seperti sekarang ini, tentu aktivitas Sunmori tidak lagi ramai seperti sebelumnya. Pasalnya, para bikers juga harus mentaati kebijakan pemerintah yang mengharuskan untuk menjaga jarak serta tidak berkumpul di tengah keramaian.

Namun, jika tetap ingin melakukan sunmori, setidaknya Anda harus menerapkan beberapa tips berikut ini:

1.Gunakan Masker

WHO dan kementerian kesehatan sama-sama sepakat bahwa masker bisa menurunkan resiko seseorang tertular atau menularkan virus corona COVID-19. Maka dari itu, tetap gunakan masker ketika keluar rumah, termasuk saat mengendarai sepeda motor.

2.Hindari Kerumunan

Salah satu sisi menarik yang bisa membedakan sunmori dengan riding biasa adalah kehangatan yang timbul ketika berkumpul dengan sesama anggota komunitas. Seperti kita ketahui, banyak di antara kita yang selama sepekan disibukkan dengan rutinitas kerja sehingga tidak sempaat untuk nongkrong atau sekadar ngopi saat weekdays. Biasanya di momen minggu pagi ini bisa jadi ajang bertukar cerita serta bertukar canda dengan teman sesama pengendara.

Berkumpul sih boleh, tapi jangan terlalu banyak ya, dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker serta menjaga jarak aman.

3. Hindari Touring Antar kota

Berkendara memang menyenangkan, apalagi jika dalam kondisi touring ke daerah yang belum pernah dilewati sebelumnya. Dalam kondisi pandemi usahakan untuk tidak melakukan touring antar kota , apalagi antar provinsi, karena hal ini justru akan membahayakan diri Anda sendiri. Pilihlah rute dalam kota yang sekiranya aman untuk dilewati. Sisi positifnya, Anda jadi lebih hemat bahan bakar dan tidak perlu pusing memikirkan Harga BBM Terbaru apakah naik atau turun harga.

Itulah beberapa tips aman jika Anda ingin melakukan sunmori di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Semoga bermanfaat ya.




Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja


Berlangganan via Email