Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Penyebab Rambut Kering dan Mengembang yang Harus Anda Ketahui



CAHYOGYA.COM - Rambut kering mengembang memiliki ciri sulit untuk diatur dan kelihatan tidak rapi. Ketika Anda ingin tampil serapi mungkin, rambut mengembang dapat menghalangi penampilan Anda tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin menggunakan conditioner untuk rambut mengembang dan juga shampo untuk rambut yang lembut.

Penyebab Rambut Mengembang



Agar memahami mengapa rambut bisa kering dan mengembang, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami. Dengan mengetahui penyebab ini, Anda bisa menghindari beberapa kebiasaan sehingga akan membantu mengatasi masalah pada rambut Anda. Beberapa penyebab rambut mengembang, antara lain:

1. Penggunaan Alat dan Bahan Kimia pada Rambut

Penggunaan alat elektronik seperti pengering rambut yang berlebihan atau salah dapat menyebabkan rambut rusak dan kering. Selain pengering rambut, alat pelurus sambut dan terlalu banyak bahan kimia seperti bleaching atau pemutih tanpa ada perawatan yang baik akan membuat rambut Anda rusak.

Untuk tipe rambut kering, sebenarnya penggunaan pengering atau pelurus rambut bisa tetap digunakan, asalkan tidak terlalu sering dan cara menggunakannya benar. Keringkanlah rambut Anda sehabis keramas dari ujung rambut ke pangkal. Pastikan tidak terlalu lama mengarahkan pengering rambut di atas kepala.

Pemilihan sisir yang tidak tepat juga bisa membuat rambut mengembang. Oleh karena itu, pilihlah sisir bergigi jarang atau tooth comb. Pilihlah paddle brush atau bristle brush yang memiliki gerigi jarang dan juga dapat menghaluskan rambut.

2. Kebiasaan Keramas

Kebiasaan keramas mempengaruhi keadaan rambut. Jenis rambut kering sebaiknya tidak sering melakukan keramas. Anda bisa melakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu sehingga minyak di kulit kepala dan kelembaban rambut akan terjaga.

Selalu gunakan conditioner untuk rambut mengembang saat keramas. Setelah selesai keramas Anda juga bisa menambahkan masker rambut atau vitamin secara rutin. Biasakan untuk membungkus rambut dengan handuk sehabis keramas agar rambut terjaga kelembabannya.

Kulit kepala yang kering merupakan tanda kekurangan minyak sehingga rambut tidak lembab. Gunakanlah minyak rambut bila perlu. Minyak rambut terbuat dari bahan nabati seperti bunga camelia, kacang macadamia, minyak lidah buaya, atau argan oil.

3. Potongan Rambut

Potongan rambut yang kurang sesuai dengan jenis rambut serta wajah akan mempertegas tampilan rambut yang mengembang. Untuk menyiasatinya, Anda sebaiknya berkonsultasi pada ahli penata rambut yang memahami mengenai tampilan rambut ini.

4. Kesehatan Kulit Kepala

Rambut mengembang disebabkan karena kulit kepala tidak lembab dan sedikit menghasilkan minyak. Agar kulit kepala tetap sehat, Anda sebaiknya tidak terlalu sering terkena paparan matahari secara langsung. Gunakan lah pelindung kepala apabila perlu.

Iritasi karena paparan zat kimia atau produk rambut tertentu juga bisa memicu kondisi rambut yang kering. Untuk mengatasi ini, rawatlah rambut berwarna dengan produk khusus untuk rambut berwarna agar menutrisi rambut dan kulit kepala.

Selain itu, perawatan rambut juga bisa dari dalam tubuh. Makanan untuk kesehatan rambut adalah makanan yang mengandung vitamin E. Kandungan nutrisi ini bisa ditemukan di sayuran hijau, alpukat, atau kacang almond.

Merawat rambut kering dan mengembang bisa dimulai dengan menggunakan sampo lembut disertai dengan conditioner untuk rambut mengembang. Selanjutnya, rawatlah rambut secara rutin agar tetap sehat dan kuat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja




Berlangganan via Email