Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Mengendalikan Stres agar Tubuh Tetap Bugar



CAHYOGYA.COM - Kesehatan mental dan kebugaran jasmani saling berpengaruh satu sama lain. Pengertian kebugaran jasmani umumnya hanya terlihat dari penampilan tubuh. Ketika sedang mengalami stres, Anda bisa saja mudah terserang penyakit seperti flu. Hal ini karena imunitas tubuh menurun. Stres juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti meningkatnya asam lambung dan penyakit lainnya.

Menjaga Tubuh Bugar dengan Mengendalikan Stres




Bau badan tidak sedap dikarenakan oleh banyak faktor, mulai dari makanan hingga stres. Hal ini karena pada saat stress, tubuh akan mengeluarkan keringat yang berlebihan. Untuk mengendalikan stres, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup merupakan kunci dari pengendalian stres. Anda mungkin sering mendengar istilah burnout syndrome di tempat kerja. Burnout tidak hanya dialami oleh para pekerja, tetapi juga pelajar yang memiliki beban belajar sangat tinggi.

Burnout merupakan keadaan sangat lelah secara emosional dan fisik. Saat burnout terjadi, Anda merasa semua usaha dan ekspektasi gagal. Pikiran ini juga sangat mempengaruhi tubuh Anda yang kemudian menjadi mudah lelah.

Untuk mengatasi burnout, istirahat adalah salah satunya. Selama istirahat, sebaiknya Anda tidak memegang gawai seperti laptop atau smartphone. Dengan demikian, Anda tidak terganggu oleh pekerjaan.

2. Rutin Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengendalikan stres. Tubuh yang bergerak akan menghasilkan hormon serotonin, yaitu hormon yang memicu rasa bahagia. Dari pengertian kebugaran jasmani ini, ketika olahraga dilakukan secara rutin, maka akan membantu Anda mengendalikan stres.

3. Menyempatkan Relaksasi

Selain berolahraga, relaksasi juga perlu dilakukan. Setidaknya lakukan beberapa kali seminggu agar tubuh merasa rileks atau juga bisa dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukan relaksasi ketika selesai mengerjakan pekerjaan.

Relaksasi tidak perlu dilakukan terlalu lama atau rumit. Memejamkan mata, duduk dengan rileks, dan mengatur napas merupakan salah satu cara relaksasi yang sederhana. Anda bisa mendengarkan musik sambil berelaksasi. Jika ingin lebih mendalami mengenai relaksasi, Anda bisa mencoba meditasi atau yoga.

Relaksasi juga bisa berbentuk aktifitas lain, misalnya berkebun, memasak, bermain game, menggambar, atau sekadar jalan-jalan di sekeliling komplek perumahan.

4. Mengelola Waktu dengan Baik

Salah satu penyebab stres adalah tidak mengelola waktu dengan baik dalam bekerja. Sebelum mulai bekerja, Anda sebaiknya mencatat apa yang harus dikerjakan hari itu. Usahakan catat kegiatan hingga sedetail mungkin.

Tentukan waktu bekerja, beristirahat, dan kapan berhenti. Kerjakanlah yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Jangan ragu meminta bantuan apabila Anda tidak memahami tugas yang diberikan.

5. Mencari Bantuan

Kesehatan mental saat ini harus disadari karena dampak dari kesehatan mental juga berpengaruh pada tubuh. Apabila Anda merasa berbicara pada teman atau keluarga tidak terlalu membantu, tidak bisa mengendalikan stres, dan sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda segera mencari bantuan baik ke psikolog atau ke psikiater.

Pengertian kebugaran jasmani akan selalu berkaitan dengan kesehatan mental. Kedua kesehatan ini saling berkesinambungan satu sama lain. Jagalah keduanya agar senantiasa sehat, sehingga hidup Anda seimbang.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja




Berlangganan via Email