Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Treadmill dan Cara Lengkap Memilihnya



CAHYOGYA.COM - Di tengah situasi pandemi seperti yang terjadi saat ini, masyarakat dituntut untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. Olahraga menjadi aktivitas yang wajib untuk dilakukan. Jogging adalah salah satu olahraga paling mudah, namun aktivitas di luar rumah harus dikurangi karena penyebaran virus. Oleh sebab itu, lari di treadmill menjadi pilihan tepat. Berapakah harga treadmill?



Treadmill memiliki berbagai macam jenis dengan harga yang berbeda-beda. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli alat olahraga yang satu ini, sebaiknya pahami dahulu bagaimana cara memilihnya. Tentunya Anda perlu menyesuaikan alat dengan kebutuhan tubuh.

Cara Memilih Treadmill

1. Jenis Penggunaan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan treadmill itu sendiri. Apakah Anda ingin membeli treadmill untuk digunakan di rumah saja, atau untuk kebutuhan komersial seperti gym? Jenis treadmill untuk kebutuhan rumah memiliki kapasitas orang yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan di studio gym.

Treadmill yang biasa dipakai di gym juga harus memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh intensitas penggunaan yang lebih tinggi. Bayangkan saja, sebuah treadmill di gym dapat dipakai hingga lebih dari 10 orang per hari. Berat badan pemakainya pun berbeda-beda. Ada yang ringan, sedang, hingga berat.

Berbeda dengan gym di rumah, intensitas penggunaannya pasti akan lebih rendah karena hanya dipakai oleh 1 hingga 5 orang saja setiap harinya. Apalagi jika Anda tinggal sendiri atau hanya bersama pasangan, beban yang ditanggung oleh treadmill pun jauh lebih kecil. Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis treadmill ini terletak pada motornya. Apa itu motor? Perhatikan penjelasan di poin kedua.

2. Motor

Motor merupakan mesin yang ada di dalam treadmill, fungsinya mengubah energi dari listrik menjadi gerak. Jadi, motor inilah yang menjadi komponen untuk membuat treadmill berfungsi. Ada dua jenis motor yang dibedakan berdasarkan sumber tenaganya.

Jenis motor yang pertama adalah Alternating Current (AC). Motor ini memakai arus listrik bolak-balik. Sedangkan jenis lainnya menggunakan arus listrik searah, yang disebut sebagai motor Direct Current (DC).

Umumnya, motor DC digunakan pada treadmill rumahan. Beban pengguna yang dapat ditanggung oleh motor ini lebih kecil. Di samping itu, motor DC juga kurang mampu bertahan untuk menanggung beban yang terlalui berat.

Sebaliknya, motor AC dikenal lebih ‘bandel’ dibandingkan motor DC. Umur pemakaian treadmill jenis ini lebih panjang meskipun dipakai dengan intensitas tinggi. Tentu saja harga treadmill dengan motor AC lebih tinggi. Tak heran jika jenis ini lebih banyak ditemukan pada studio gym.

3. Weight Rating

Weight rating merupakan rentang beban maksimal yang dapat ditanggung oleh treadmill supaya dapat bekerja dengan baik. Sebelum membeli treadmill, sebaiknya ketahui berat badan rata-rata calon penggunanya.

Setelah mengetahui rata-rata berat badan pengguna, carilah treadmill dengan weight rating sekitar 25 kg di atas berat badan tersebut.

4. Fitur

Fitur juga menjadi hal yang sangat penting dan perlu dipertimbangkan ketika akan membeli treadmill. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, fitur incline tentu wajib ada guna meningkatkan pembakaran kalori.

Treadmill zaman sekarang juga menawarkan berbagai fitur lainnya seperti TV, kipas angin, bluetooth, dan lain sebagainya, pilihlah fitur yang memang benar-benar Anda butuhkan.

5. Garansi

Harga treadmill cukup tinggi, oleh sebab itu garansi menjadi sangat penting. Ada tiga jenis garansi pada treadmill, yaitu motor, frame, dan spareparts. Semakin lama garansi yang diberikan, artinya kualitas produk semakin baik.

Dapatkan treadmill yang sesuai kebutuhan Anda di tempat jual treadmill Jogja. Di sana, Anda akan menemukan berbagai jenis treadmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihan harganya cukup banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran Anda.





Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

CAHYOGYA.COM - Situs Anak Muda Jogja

Berlangganan via Email